Pengiriman 21.000 BBL Ilegal Berhasil Digagalkan Satreskrim Polresta Banyuwangi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

April 30, 2021

Pengiriman 21.000 BBL Ilegal Berhasil Digagalkan Satreskrim Polresta Banyuwangi

0 Viewers
Kasatreskrim AKP Mustijat Priyambodo didampingi Kanit Pidsus Ipda Nurmansyah saat pers rilis di Mapolresta Banyuwangi



Berita Rakyat, Banyuwangi. Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polresta Banyuwangi berhasil menggagalkan upaya pengiriman 21.000 benih bening lobster (BBL). Sedianya, BBL illegal yang ditaksir senilai 1.5 milyar rupiah tersebut hendak dikirim dengan tujuan Kota Tangerang, Banten.

Tim Resmob yang dipimpin langsung Kanit Pidsus Ipda Nurmansyah, SH, MH, ini berhasil menghentikan laju kendaraan yang digunakan para pelaku saat mengangkut benih lobster sekitar pukul 07.00 WIB. Ketika itu pelaku sedang melintas di jalan raya Kalibaru. Puluhan ribu benih lobster itu rencananya akan dikirim ke Tanggerang, Banten dan selanjutnya bakal diekspor ke Negara Vietnam.


Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, melalui Kasatreskrim AKP Mustijat Priyambodo menyatakan, keberhasilan ungkap kasus penjualan benih lobster ilegal tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat.


"Kemudian informasi tersebut ditindaklanjuti tim Resmob dan tim Satgas benur Polresta Banyuwangi dengan melakukan penyelidikan," jelas AKP Mustijat Priambodo, saat konferensi pers, Jumat (30/4/2021) malam.


Setelah tim Resmob melakukan pengawasan, tepatnya di jalan raya masuk Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, akhirnya berhasil mengamankan dua orang yang diduga membawa benih lobster. Kedua pelaku berinisial FR (21) berperan sebagai sopir, dan RT (33) berperan sebagai kurir. Kedua pelaku tersebut merupakan warga Kecamatan Giri, Banyuwangi, Jawa Timur.


Dari kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 11 box sterofoam warna putih yang berisi benih lobster jenis pasir sebanyak 21.000 ekor, 1 unit mobil pick up L300, dan HP milik para pelaku.


"Mereka dibekuk di Kalibaru pada saat melintas dan bermaksud membawa benih lobster itu menuju Kota Tangerang, Banten. Adapun tujuan akhir dari pengiriman benih lobster ini ke luar negeri, yakni Negara Vietnam. Dari hasil ungkap, kita berhasil menyelamatkan kekayaan negara sebesar Rp 1,5 miliar rupiah," pungkas AKP Mustijat Priyambodo. (Harry)



Editor : Hakim Said

Tidak ada komentar:

Post Top Ad