Manfaatkan Lahan Pekarangan Kantor, Inspektur Bantaeng Budidayakan Berbagai Jenis Sayuran dan Buah Buahan. - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

April 19, 2021

Manfaatkan Lahan Pekarangan Kantor, Inspektur Bantaeng Budidayakan Berbagai Jenis Sayuran dan Buah Buahan.

0 Viewers





Berita Rakyat, Bantaeng (SulSel). 
Langkah Inspektur Daerah Bantaeng, Muh. Rivai Nur SH, M.Si., yang memanfaatkan pekarangan kantor menjadi produktif, patut ditiru. Dia berhasil menjadikan lahan tidak produktif di pekarangan kantor Inspektorat Bantaeng menjadi lahan bercocok tanam sayur-sayuran.

Hal ini terlihat saat awak media melintas didepan Kantor Inspektorat Daerah Bantaeng. Senin, (19/4/2021). 

Jenis tanaman yang terdapat di lahan halaman kantor ini pun beragam, mulai dari sayuran paria, terong, bayam, kangkung, timun hingga buah pepaya. 

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan kantor, Inspektur berhasil membudidayakan berbagai jenis sayuran seperti Sayur Kangkung, Buah Terong dan Buah Pepaya. 

Hal ini Inspektur Rivai lakukan sejak beberapa bulan yang lalu, kini sudah bisa dipanen dan dapat dinikmati oleh staf Kantor Inspektorat Daerah Bantaeng. 
 
“Alhamdulillah sudah panen. Dan hasilnya bagus sekali. Ya, berawal dari hobi bercocok tanam, sehingga pekarangan yang semula tidak produktif, kini menjadi bermanfaat. Bahkan Pegawai kita sudah bisa bawa sayur segar pulang dengan memanen langsung,” ungkap Inspektur Rivai Nur, disela-sela panen sayur-sayuran. 




Dengan melakukan penanaman sayur-sayuran disekitar pekarangan kantor, dikatakan Inspektur Daerah Bantaeng, disamping untuk memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi produktif, juga akan meningkatkan kesehatan dengan mengkonsumsi sayur-sayuran segar hasil tanaman sendiri. 

Inspektur Rivai mengatakan bahwa meski pekarangan di kantornya yang selama ini tidak produktif dan tidak begitu luas, namun sejak dilakukan budi daya tanaman sayur dibagian belakang kantor, hasilnya bisa dinikmati oleh Pegawai kantor. 

"Saya hobi bercocok tanam dan saya memanfaatkan lahan kosong di halaman kantor untuk hal yang positif dengan menanam beberapa jenis sayur-sayuran sama buah-buahan," ujarnya.  

Kandidat Doktor Ilmu Hukum itu menambahkan, pemanfaatan lahan pekarangan kantor ini bisa mengusir kejenuhannya ber aktfitas.

"Kalau sedang suntuk, saya kesini sekalian lihat-lihat tanaman sayuran dan buah yang sudah berbuah," tuturnya. 


Penulis : Izzack 
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Tidak ada komentar:

Post Top Ad