Pembukaan Musrenbang Siantar Selatan, Camat Sampaikan Pencapaian Tahun 2020 - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 04, 2021

Pembukaan Musrenbang Siantar Selatan, Camat Sampaikan Pencapaian Tahun 2020

0 Viewers
Ist.

Berita RakyatPematangsiantar - Pembukaan Musrenbang Siantar Selatan, Camat Sampaikan Pencapaian Tahun 2020 - Camat Siantar Selatan Jupiter Sitepu SSTP menyampaikan pencapaian di tahun 2020 di wilayah kerjanya. Antara lain penataan mual kobun di Kelurahan Aek Nauli, penataan Sungai Barambang di Kelurahan Kristen, dan penataan Sungai Toge di Kelurahan Toba.
Pencapaian tersebut disampaikan Jupiter di acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantar Selatan, di Sopo Godang HKBP, Jalan Gereja, Rabu (3/3/2021) pagi. Musrenbang dibuka langsung oleh Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM.

Dalam sambutannya, Hefriansyah berharap pembangunan sarana dan prasarana semakin banyak di Kecamatan Siantar Selatan. Dikatakannya, musrenbang dilaksanakan sesuai Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Musrenbang dijadikan sebagai instrumen untuk mendudukkan pola perencanaan pembangunan dari top down dan bottom up secara berjenjang, dimulai tingkat kelurahan sampai tingkat nasional yang bermuara kepada Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran berikutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, terhitung 11-24 Februari 2021 telah dilaksanakan musrenbang kelurahan, yang menghasilkan daftar skala prioritas pembangunan fisik dan non fisik. Selanjutnya di musrenbang kecamatan, seluruh hasil musrenbang kelurahan akan dipresentasikan kembali.

Ist.
Tujuannya, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan. Lalu, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan, serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kota.

Perlu ditegaskan, lanjutnya, hasil musrenbang kecamatan akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan RKPD. Oleh karena itu hasil musrenbang jangan hanya berupa daftar usulan kegiatan. 

Namun sudah merupakan daftar skala prioritas dengan pengertian setiap kegiatan merupakan bagian dari upaya penyelesaian permasalahan yang disesuaikan dengan thema RKPD Kota pematangsiantar tahun 2022, yaitu  pemulihan ekonomi, kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Camat Siantar Selatan Jupiter Sitepu SSTP, selain menyampaikan pencapaian selama tahun 2020, juga mengatakan, Kecamatan Siantar Selatan terdiri atas 6 kelurahan. Untuk musrenbang tahun ini, ada 221 usulan yang terdiri atas infrastruktur 174, ekonomi 44, dan sosial budaya 3.

Anggota DPRD Kota Pematangsiantar Netty Sianturi mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Siantar Selatan. Ia berharap para lurah memberikan pendidikan yang langsung bermanfaat kepada masyarakat, seperti menenun dan menjahit.

Turut hadir, anggota DPRD Kota Pematangsiantar Astronot Nainggolan, Plt Kepala Bappeda Kota Pematangsiantar M Hammam Sholeh AP, Camat Siantar Selatan dan jajaran, 
Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Selatan dan jajaran, Kapolsek Siantar Selatan dan Danramil 03/SS, lurah se-Kecamatan Siantar Selatan, Karang Taruna dan LPM Kecamatan Siantar Selatan, delegasi kelurahan, serta tokoh masyarakat. 


Penulis : Adonia Hutagalung 
Editor : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad