TNI Polri Bersama Warga Pallantikang Dan Malilingi Kerja Bakti Bersihkan Sungai - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 09, 2021

TNI Polri Bersama Warga Pallantikang Dan Malilingi Kerja Bakti Bersihkan Sungai

0 Viewers
Berita Rakyat, Bantaeng (Sulsel). Sungai merupakan aliran air yang mengalir terus menerus mulai dari hulu menuju ke hilir. Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di sepanjang aliran sungai akan terancam dan umumnya sebagian besar sungai yang mengalir di perkotaan itu sudah tercemar akibat tumpukan sampah rumah tangga yang tanpa kesadaran akan kebersihan, selalu membuang sampah ke sungai.

Oleh karena itu, Plt Camat Bantaeng, Andi Sultan S.Sos M.Si bersama Lurah Malilingi, Ridwan S.Sos MM dan Lurah Pallantikang, Mujaddid R Alqudsi S.STP M.A.P dibantu oleh Babinsa Pallantikang, Serma M. Anwar dan Binmas Pallantikang, Brigpol Munandar serta didukung oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing pada hari ini, Selasa pagi, (09-Maret-2021) melakukan kerja bakti bersama membersihkan tumpukan sampah di sepanjang bantaran sungai didaerah Bissampole yang membelah Kelurahan Malilingi dan Kelurahan Pallantikang. 

Kerja bakti bersama 2 Kelurahan dibawah komando Plt Camat Bantaeng ini berlangsung sejak pagi sekira jam 07:00 hingga jam 10:00 Wita. 

Menyisir bantaran sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga lalu mengumpulkannya kemudian membakarnya. Hal ini dilakukan agar aliram air sungai dari hulu ke hilir itu menjadi lancar dan tidak terhambat akibat tumpukan sampah yang berseliweran dan terapung di atas permukaan air sungai tersebut. 

Plt Camat Bantaeng, Andi Sultan S.Sos M.Si yang kami temui di kantornya selepas kerja bakti ini mengatakan : 
"Terkait dengan kegiatan kerja bakti yang dilakukan pada hari ini oleh dua kelurahan dalam wilayah kecamatan Bantaeng, saya sangat mensupport dan mengapresiasinya". 

"Kegiatan kerja bakti ini di inisiasi oleh Lurah Pallantikang bersama Lurah Malilingi. Sebelum kegiatan dilaksanakan pada hari ini, Senin kemarin saya disampaikan bahwa akan mengadakan kerja bakti membersihkan sampah di bantaran sungai yang ada di Bissampole", ungkap Andi Sultan. 

"Senin kemarin juga, saya bersama 2 Lurah dan Plt Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng melakukan pemantauan lokasi yang akan dilakukan kerja bakti pada hari ini", ujarnya. 

Plt Camat Bantaeng, Andi Sultan S.Sos M.Si berharap agar setelah kerja bakti ini, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai ini selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. 

"Saya sudah usulkan ke Plt Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng agar warga disekitar bantaran sungai itu di siapkan bak penampungan sampah dan di upayakan bisa di angkut 3x dalam seminggu ke tempat pembuangan akhir", pungkasnya. 

Lurah Malilingi, Ridwan S.Sos MM dalam pesan singkatnya melalui WhatsApp mengatakan :
"Mari kita ubah kebiasaan membuang sampah ke sungai, karena selain mencemari sungai, juga dapat menjadikan sungai menjadi dangkal. Kalau sudah dangkal tentu kalau hujan lebat, sungai tidak mampu lagi menampung debit air, sehingga mengakibatkan banjir yang merugikan kita sendiri". 

Sementara itu, Lurah Pallantikang, Mujaddid R Alqudsi S.STP M.A.P yang kami temui di kantor Kelurahan Pallantikang pada siang hari ini mengatakan dan mengucapkan Terima kasih kepada : Pak Babinsa, Pak Binmas, Masyarakat dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Pallantikang, teman-teman jajaran Pemerintahan Kelurahan Pallantikang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng, Bapak Plt Camat Bantaeng dan Lurah Malilingi untuk pelaksanaan kerja bakti di daerah aliran sungai antara batas wilayah Kelurahan Pallantikang dan Kelurahan Malilingi. 

"Mari kita menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempat pembuangan sampah yang telah disediakan. Salam Hormat untuk semua pihak yang terlibat pada kegiatan hari ini", ungkap Mujaddid R Alqudsi. 

Dokumentasi kegiatan : 











Penulis : Izzack-46 
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Tidak ada komentar:

Post Top Ad