Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng Mengapresiasi Program STBM Desa Balumbung - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 10, 2021

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng Mengapresiasi Program STBM Desa Balumbung

0 Viewers
Berita Rakyat, Bantaeng (Sulsel). Ada hal menarik di Dusun Kassi Loe, Desa Balumbung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

 Bangunan kecil bernama Gazebo STBM Arsyad Balumbung merupakan simbol di dusun ini telah diterapkannya 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 
5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) itu adalah Stop BABS, CTPS, Pengolahan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengolahan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Limbah.

Dibawah kepemimpinan Amiruddin selaku Kepala Desa Balumbung, masalah kesehatan lingkungan bukan lagi menjadi masalah. 

“Awalnya kami melakukan pembinaan di Desa melalui lomba tingkat RT, sebagai upaya memantik partisipasi dan kepedulian warga akan kebersihan lingkungan. Sehingga muncullah gagasan warga menghadirkan kampung STBM ini", jelas Amiruddin.  

“Kami berharap seluruh OPD terkait bisa terjun langsung memberikan pembinaan kepada masyarakat kami untuk kesempurnaan pembangunan di Desa Balumbung,” tambahnya.  

Kadis Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan M.Kes mengapresiasi pencapaian yang telah di lakukan oleh Desa Balumbung.  

“Kampung STBM ini bisa menjadi role model (percontohan) bagi Desa lain di Kabupaten Bantaeng dalam menangani masalah kesehatan lingkungan", ungkapnya. 

“Kolaborasi dengan pihak swasta dan elemen masyarakat secara menyeluruh, kelak akan memperkuat tatanan pengelolaan kesehatan lingkungan di Desa Balumbung ini", pungkas dr. Ihsan. 


Penulis : Izzack-46
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Tidak ada komentar:

Post Top Ad