Dr. dr. Ampera Matippanna, S.Ked, MH: Puskesmas Adalah Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Masyarakat - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 14, 2021

Dr. dr. Ampera Matippanna, S.Ked, MH: Puskesmas Adalah Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Masyarakat

0 Viewers
Berita Rakyat, Makassar (Sulsel). 
Sejatinya Puskesmas harus kembali ke fungsinya sebagai pusat kesehatan masyarakat. Demikian penjelasan Dr. dr. Ampera Matippanna, S.Ked, MH, diwarkop Sami Makassar, Minggu (14/3/2021).  

Dokter fungsional Ahli Madya pada BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan merespon pandangan Plt Gubernur SulSel, Andi Sudirman Sulaeman di acara puncak perayaan ulang tahun kota Pare-Pare yang ke 61 tahun. 

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan beberapa pokok pikiran penting guna menyikapi situasi dan perkembangan pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Menurut dr. Ampera, bahwa salah satu pokok pikiran yang disampaikan adalah Puskesmas harus kembali ke fungsinya sebagai pusat kesehatan masyarakat. Pokok pikiran ini bukan tanpa dasar yang kuat. Dimana disaat ini, ada sinyalemen Puskesmas mengalami pergeseran pelayanan yang cenderung melayani masyarakat lebih kepada upaya kuratif (pengobatan).  

Saat ini kata Dr. Ampera, kita seolah-olah berlomba-lomba untuk melengkapi Puskesmas dengan peralatan medis yang semakin canggih dan membuat fasilitas rawat inap yang mewah. 

Padahal sejatinya fungsi puskesmas adalah terutama pada pelayanan upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif dengan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. 

Sebagai fungsi pemberi pelayanan kesehatan dasar maka sistem rujukan medis harus berjalan dengan baik yaitu apabila ada kasus penyakit yang tidak bisa dilayani karena keterbatasan kompetensi tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya serta keterbatasan sarana dan prasarana puskesmas, maka pasien tersebut harus di rujuk ke rumah sakit yang memliki tenaga medis spesialis dan peralatan kesehatan yang lebih baik. 

Menurut Dr. Ampera, bahwa dengan upaya promotif dan preventif maka menjadi kewajiban puskesmas untuk melakukan upaya-upaya pemberian informasi kesehatan yang benar, edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat dalam pencegahan penyakit dan pemutusan rantai penularan penyakit. Jika kewajiban ini dilaksanakan dengan baik, maka penyakit gizi buruk, stunting, malaria, demam berdarah  hepatitis dan termasuk Covid-19 yang kini masih tetap menjadi ancaman bagi kesehatan nasyarakat dapat teratasi dengan baik.

Dikatakan lagi, bahwa optimalisasi peran dan fungsi puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat memliki kedudukan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sudah saatnya Puskesmas berbalik haluan dan kembali ke fungsi utamanya sebagaimana pokok pikiran yang dikemukakan oleh Plt.Gubernur Sulawesi Selatan. 

Diakhir wawancara, Dr. Ampera yang akrab dengan sejumlah media online ini tetap optimis akan pemerintahan yang dijalankan Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaeman berjalan dengan baik sampai 2023. 

"Iya, tentunya upaya ini akan berjalan dengan baik seiring dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. Karena itu, ada baiknya kita memetik hikmah dari kata bijak di bidang kesehatan yaitu mencegah jauh lebih baik dari mengobati", pungkasnya.


Penulis : Izzack
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Tidak ada komentar:

Post Top Ad