Demo, Warga Dusun Wonosari Tuntut Penghapusan Retribusi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 01, 2021

Demo, Warga Dusun Wonosari Tuntut Penghapusan Retribusi

0 Viewers
Berita Rakyat, Gresik. Balai Desa Banyu Urip mendadak ramai digeruduk warga, pada senin (01/03/2021). Tampak beberapa warga dusun Wonosari membawa selebaran kertas menuangkan tuntutannya untuk melakukan penghapusan retribusi yang diminta oleh pihak PT Kasih Jatim kepada sejumlah warga.

Retribusi atau penarikan kontribusi atas hak tanah milik PT yang digunakan warga Banyu Urip Kecamatan Kedamaian Gresik dinilai warga sangat memberatkan.

Usai melakukan aksi demo pihak warga akhirnya difasilitasi pihak aparatur desa untuk melakukan mediasi secara kekeluargaan yang dibantu TNI Polri baik dari pihak Dandim, Kapolsek. 

Kemudian perwakilan  dari pihak managemen PT Kasih Jatim, serta Koordinator Lapangan (Korlap) dari warga dusun Wonosari dengan beberapa point-point  yang berhasil disepakati 

Khoirul Muis Kepala Desa (Kades) Banyu Urip menyampaikan dihadapan para warga, jika pihaknya akan mengumpulkan data-data warga yang yang bertempat diatas tanah PT.

"Untuk Retribusi tadi sudah disepakati dari pihak PT dan Petani meminta data-data dari PT siapa saja penggarap yang ada di Kota Damai atau di dusun Wonosari khususnya yang mempunyai lahan di PT Kasih Jatim," terangnya (01/03/2021).

Senada hal yang sama, disampaikan oleh Supriyanto (39th) Koordinator Lapangan (Korlap) dari warga Wonosari menyampaikan, jika kompensasi jalan atau infrastruktur sama intinya dari pihak Developer membuka akses.

"kita disuruh mengajukan lewat pengajuan khusus atau sesuai dengan aturan yang ada". Pugkasnya normal itu.

Dari hasil mediasi antara pihak warga dan perwakilan PT Kasih Jatim, Suwanto juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya mencoba mencari kesepakatan untuk mendapatkan keputusan yang lebih baik.

"Hasil dari mediasi tersebut, kami menerima tuntutan dari beberapa warga dan mengupayakan agar terealisasi. Kemudian untuk pertemuan mediasi selanjutnya bisa terlaksana lebih baik lagi," ungkap singkat Suwanto (01/03/2021).


Penulis : Ade/Ari

Tidak ada komentar:

Post Top Ad