Seharusnya Yang Menjabat Plh Bupati Jember Ir. Mirfano, Begini Menurut Anggota DPRD Tabroni - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Februari 18, 2021

Seharusnya Yang Menjabat Plh Bupati Jember Ir. Mirfano, Begini Menurut Anggota DPRD Tabroni

0 Viewers
Berita Rakyat, Jember,  - Tepatnya Rabu (17/2/2021) dengan masa berakhirnya jabatan atau tugas Bupati Jember dr. Faida MMR yang kemudian digantikan oleh Ir. Hadi Sulistyo M. Si sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala daerah ternyata mendapat kritik pedas dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ketua Komisi A Jember Tabroni.

Masih menurut Tabroni, dalam Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2008 tentang pergantian peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2005 tentang pengangkatan, pengesahan dan pemberhentian kepala/wakil kepala daerah yang telah dijelaskan dalam pasal 131 ayat 4.

Bahwa dalam hal terjadi kekosongan kepala daerah sebagai mana dimaksud dalam ayat 3 yang berbunyi dalam hal apabila kepala daerah berhenti atau diberhentikan bersamaan dengan masa jabatannya maka sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari tugas kepala daerah sampai, presiden mengangkat kembali kepala daerah.

"Artinya ketika per tanggal 17 februari masa jabatan Bupati Faida dan Kyai Muqit Arif berakhir tapi belum ada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, maka ditunjuklah Plh dari Sekda yang Definitif dalam hal ini Ir. Mirfano bukan yang lainnya," Ujarnya, Rabu (17/2/2021) di kantor DPRD tepatnya di Ruang rapat komisi A.

Karena hemat saya sambung Politisi PDI Perjuangan ini, kemarin kondisi Kabupaten Jember sedang carut-marut dan amburadul akibat penataan birokrasi, sehingga sampai Bupati saat itu memberikan sanksi kepada Mirfano, padahal saat itu DPRD pun sudah memakzulkan alias tidak mengakui lagi Faida sebagai Bupati.

"Jadi pemberian sanksi tersebut masih sifatnya debatable dan terjadi multi  tafsir yang berbeda." Tandasnya. 


Penulis : Hairullah
Editor : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad