Penerima Kartu BPNT Di Kecamatan Patrang Mencapai 3518, Terbagi Delapan Kelurahan - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Februari 10, 2021

Penerima Kartu BPNT Di Kecamatan Patrang Mencapai 3518, Terbagi Delapan Kelurahan

0 Viewers

Berita Rakyat, Jember- Program Pemerintah dari Kemensos yang berupa jaring pengaman sosial ( JPS) bantuan pangan non tunai( BPNT)  berupa Kartu BPNT khususnya di Kecamatan Patrang sejumlah 3518 akan dibagikan dalam dua tahap yakni, Rabu dan Kamis (10/2-11/2/2021).

Pembagian kartu tersebut masing-masing dilakukan di Kelurahan setempat, dengan catatan warga membawa KK dan KTP yang sudah difoto copy untuk diverifikasi oleh petugas yang ditingkat Kelurahan. 

Selain itu juga, kartu ini bisa dipergunakan untuk belanja di E warung yang sudah ditunjuk pemerintah Setiap Kelurahan.

Untuk wilayah Kecamatan Patrang terdiri dari delapan Kelurahan yang akan melakukan pembagian kartu BPNT .

Camat Patrang Drs. Rofiq Sugiarto menjelaskan, Program Pemerintah dari Kemensos JPS berupa kartu BPNT di Jember, khususnya di Kecamatan Patrang kita akan membagikan kartu sejumlah 3518 kartu. 

"Jumlah tersebut dibagikan hari ini Rabu (10/2) dan pada Kamis (11/2/2021). Tentunya kartu tersebut terbagi di delapan Kelurahan. Penerima terbanyak adalah Kelurahan Bintoro kurang lebih 750 kartu, Gebang dan Baratan." Terangnya.

Lanjutnya, pembagian tersebut tetap mengikuti standart SOP protokol kesehatan covid-19, disamping itu penerima kartu harus memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Semua Lurah sudah kita himbau agar tetap memakai prokes.

"Lurah-Lurah sudah kami beritahukan, bahwa bagi warga yang masuk dan keluar agar tetap memakai protokol kesehatan, selain itu jangan sampai ada warga gerombol gerombol di tempat," ungkapnya

Terkait dengan unsur yang terlibat di pembagian kartu BPNT ini adalah Muspika tingkat Kecamatan, kalau di Kelurahan tiga pilar Lurah Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Semua ikut mengawasi pada saat pembagian kartu.

Rofiq juga  berharap, agar kartu ini dipergunakan secara baik, bahkan untuk pembagian tahap dua hanya 4 Kelurahan yang penerima kartunya paling banyak seperti Bintoro, Gebang, Baratan dan Banjarsengon.

"Sebenarnya ada tahap kedua ini sejumlah 3518 kartu sesuai data yang kami terima dari Bank Mandiri, sebenarnya ada 7000 an muda mudahan ini hingga tuntas dan menunggu data berikutnya." terang Rofiq Rabu 10/2/2021 di kantor Kelurahan Patrang.

Ditambahkan Lurah Patrang Ronny Arvianto terkait tim verifikasi itu mendatangi RT/RW setempat karena biar tidak miskomunikasi datanya dibawa. 

"Selain itu harus didampingi tokoh masyarakat, Karena ukuran kriteria miskin itu harus jelas.  Misalnya rumahnya bagus dan tak masuk data padahal setelah ditelusuri rumahnya warisan," katanya.

Yang pasti, lanjut Lurah Rony, nanti dikepemimpinan beliau memiliki kriteria tersendiri dengan sesuai apa yang diinginkan dan datanya tak bermasalah lagi dibawa.

"Pasti ada pendampingan pada saat verifikasi nanti dari Kelurahan dan tokoh masyarakat setempat agar nanti tak terjadi lagi miskomunikasi data dibawa," terangnya.

Terpisah, Lurah Bintoro Evie Triana menyatakan, Alhamdulillah untuk Kelurahan Bintoro pembagian kartu BPNT ditempatkan di SDN Bintoro 1 berjalan lancar dan aman tak ada kendala sama sekali.

"Tentunya kami tetap memakai SOP protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, pada saat masuk dan keluar harus tetap memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan tak boleh bergerombol dengan yang lain," katanya.

Pantauan media ini saat dilokasi pembagian kartu di Kelurahan Patrang berjalan teratur, bahkan panitia membatasi pintu masuk dan keluar sesuai prokes yang telah ditetapkan.


Penulis : Hairullah
Editor : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad