Bupati Jember Tinjau Beberapa lokasi Akibat Dampak Banjir - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Februari 28, 2021

Bupati Jember Tinjau Beberapa lokasi Akibat Dampak Banjir

0 Viewers
Berita Rakyat,  Jember- Bupati Jember H. Hendy Siswanto sehari setelah dilantik melakukan peninjauan dibeberapa lokasi akibat dampak banjir bandang luapan. Peninjauan tersebut dilaksanakan Bupati di daerah Bangsal sari, Rambipuji, Klungkung Sukorambi dan Kreongan Patrang. Sabtu siang (27/2/2021).

Salah satu titik lokasi dampak banjir luapan tersebut  ada dibelakang rumah sakit paru- paru Kreongan Patrang Jember. Ada sekira 40 rumah warga setempat yang terdampak banjir tersebut. Bahkan setiap tahun sungai itu selalu mengalami banjir bandang luapan karena sungai itu mengharapkan adanya pengerukan atau normalisasi sungai.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto mengungkapkan, yang jelas kasian warga ini karena harus berputar dan melalui Banjar Sengon dan sangat jauh sekali dan memakan waktu beberapa jam.

" Jadi kami akan kerjasamadsn kordinasi dengan TNI untuk mengatasi persoalan jembatan ini dengan memakai zeni. Muda- mudahan saja zeni tempur itu ada. Selain itu zeni tersebut bisa dilewati truck." Ujarnya.

Lebih lanjut Hendy menerangkan, selain itu kami menghimbau kepada warga setempat agar jangan mengambil batu sungai disekitar jembatan. Karena akan menimbulkan abrasi atau pengikisan tanah sepadan sungai.

" Dari hal tersebut bisa mengakibatkan jembatan seperti ini, semua ini demi kebaikan bersama terutama bagi warga setempat. Boleh mengambil batu sungai tetapi sekira 200- 300 meter diatasnya jembatan." imbuh Hendy Siswanto.

Dia menambahkan, kami menghimbau kepada semua warga Jember jangan sampai mengambil material sungai yang lokasinya dekat dengan jembatan seperti ini.

Sementara itu Camat Patrang Ir. Rofiq Sugiarto menjelaskan, terkait kunjungan Bupati khususnya di Kecamatan Patrang. Kami atas nama Muspika, khususnya Camat dan warga Patrang khususnya  yang terdampak banjir mengucapkan terima kasih .

" Terkait banjir yang terjadi Jum,at 26/2 sekira jam 15.30 adalah akibat luapan sungai Kalijompo dan Rembangan. Apabila hujan curah hujan tinggi maka wilayah yang paling terdampak langsung adalah Patrang. Ada tiga kelurahan yang terdampak banjir adalah Kelurahan Gebang, Jember Lor dan Slawu. Tetapi yang paling parah adalah Jember Lor. Seperti yang terjadi di belakang rumah sakit paru paru." Terang Rofiq.

" Ada 40 rumah yang terdampak semua dalam pendataan, meskipun hanya kemasukan pasir lumpur namun tingginya air mencapai 2 meter disalah satu RT." Imbuh Rofiq.

Masih dikatakan Rofiq, kami Camat Patrang telah kordinasi dengan Pemkab, dalam hal ini Bupati akan dilaksanakan normalisasi kerjasama dengan TNI dan Polri dengan menggunakan alat berat seperti bego dari hulu sampai hilir. Karena selama ini belum pernah ada normalisadi sama sekali. Kalau panjang ada sekira 10 Km.

" Terutama juga harus adanya normalisasi rumah penduduk yang ada disekitar bantaran sungai Kalijompo itu. Bahkan bagi warga yang dekat dengan sungai harus selalu waspada jika terjadi banjir seperti ini." tandas Rofiq mantan pegawai Bapeda.

Dia menambahkan, kami akan kordinasi dengan pihak terkait untuk segera dilaksanakan pengerukan atau normalisasi sungai agar kedepan nanti tak terjadi lagi seperti saat ini dan aliran air sungai bisa lancar dan mengalir.


Penulis : Hairullah
Editor : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad