Tak Main-main, BNN RI Ungkap Dua Kasus Jaringan Narkoba - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Januari 19, 2021

Tak Main-main, BNN RI Ungkap Dua Kasus Jaringan Narkoba

0 Viewers


Foto : Barang bukti yang berhasil diamankan petugas (doc. Ttk/ SN).
Berita Rakyat, Jakarta -  Patut diapresiasi atas keberhasilan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI membongkar dua kasus sindikat jaringan narkoba Selat Makasar, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pada Minggu (10 /01/2021) lalu. Dengan total barang bukti yang berhasil diamankan satuan unit pemberantas narkoba berupa sabu-sabu sebanyak 53,05 kilogram.

Kepala BNN Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kepada wartawan, jika dari pengungkapan dua kasus tersebut pihaknya menangkap empat tersangka yang terbukti membawa barang yang sudah diamankan petugas.

"Kasus pertama, BNN bekerja sama dengan Bea Cukai meringkus tiga pria berinisial Al, As, dan D dengan barang bukti sabu seberat 42,43 kilogram," tutur Golose kepada awak media di Jakarta pada Selasa, (19/01/2021).

Golose juga menjelaskan, bahwa proses penangkapan pada kasus pertama dilakukan di wilayah Selat Makasar, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada hari Minggu, 10 Januari 2021.

Saat itu, Petugas menggeledah sebuah kapal motor dan menemukan tiga karung plastik berisi 40 bungkus sabu seberat 42,43 kilogram yang diketahui berasal dari Malaysia. Selanjutnya, ketiga tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor BNN pusat guna proses penyidikan lebih lanjut.

Sementara pada kasus kedua, penangkapan dilakukan di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara pada hari Selasa, 12 Januari 2021 dengan barang bukti sabu seberat 10,62 kilogram. 

BNN juga mengamankan  tersangka berinisial J alias Okd yang merupakan kurir narkoba sindikat Bagansiapiapi-Jakarta. J ditangkap di parkiran Rusun Kapuk Muara, Jakarta Utara. Dalam penangkapan ini, petugas menemukan narkotika jenis sabu yang disembunyikan dalam enam bungkus kemasan biskuit seberat 6,34 kilogram.

Menindaklanjuti informasi yang didapat, petugas langsung menggeledah rusun milik tersangka dan kembali menemukan sabu seberat 4,28 kilogram dalam empat bungkus kemasan biskuit. Tak hanya itu, dalam penggeledahan ditemukan juga dua buah plastik klip berisi sabu masing-masing seberat 0,27 gram dan 0,28 gram.

Golose menyebut, BNN tak main-main dan terus bertekad berperang melawan narkoba untuk menyelamatkan masa depan anak-anak muda di Tanah Air. Salah satunya dengan menghentikan suplai barang haram tersebut

"Yang harus kita lakukan menyelamatkan anak-anak negeri ini, yang pertama kita tahu kita masih dalam situasi pandemi COVID-19, bersama sama kita harus benar-benar meniadakan suplai yang terus dimasuki oleh orang-orang seperti ini dan juga pelibatan kita membantu menekan permintaan di masyarakat," ungkap Golose.

Atas perbuatan para tersangka, mereka terancam dan terbukti melanggar Pasal 114 Ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1 subsider Pasal 112 Ayat 2, juncto Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati. 


Penulis : Titik
Editor : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad