Rumah Betawi Tempo Doeloe Mengenalkan Budaya Betawi Di Jaman Modern - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Desember 27, 2020

Rumah Betawi Tempo Doeloe Mengenalkan Budaya Betawi Di Jaman Modern

0 Viewers

Foto : Rumah wisata Betawi dengan nuansa Tempoe Doeloe

Berita Rakyat, Bekasi. Rumah Betawi Tempo Doeloe adalah tempat wisata yang mengenalkan kepada pengunjung tetang Budaya Betawi di jaman modern.

Rumah ini terletak Jl. Al Huda Rawasapi No.RT.003/009, Jatimulya, Kec. Tambun Selatan Bekasi, Jawa Barat. Serta menjadi tempat alternatif tempat wisata keluarga yang penuh edukasi tentang Budaya dan peninggalan peninggalan orang Betawi.

Wisata ini letak lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Ibukota Jakarta, suasananya begitu asri, rumah adat Budaya Betawi seperti kita memasuki kampung betawi dijaman dahulu.

Ketua Pengurus Rumah Betawi Tempo Doeloe Muhammad Dahlan,S.Ag,M.M.yang dikenal dengan pangilan Babah Bayan yang berhasil diwawancarai oleh Awak Media menerangkan tentang Sejarah Berdirinya Rumah Betawi Tempo Doeloe ini.

Ist.

 “Adapun cikal bakal adanya Rumah Betawi ini, yang pertama adalah tempat ngumpulnya anak anak muda dan muda disini juga telah berkeluarga.
Awalnya adalah tempat rumah rumah biasa saja berupa saung,ini sekitar lima tahun yang lalu,baru tahun 2019 kemarin itu,ini dibuat dengan background Rumah Betawi yang pertama itu bertujuan untuk Melestarikan Budaya budaya Betawi khususnya supaya jangan sampai orang orang betawi itu tidak mengetahui bahwasannya di Betawi itu Rumahnya seperti ini, Budayanya seperti ini, jangan sampai dia ini hanya tahu budaya budaya luar, jadi kebanyakan sekarang ini seperti yang dilihat budaya budaya luar, yang mereka liat itu budaya luar itu cakep tapi belum tentu budaya luar itu bagus,kita juga yang bagus kita ambil yang jelek kita abaikan seperti itu," terang Babah Bayan.

Muhammad Dahlan,S.Ag.,M.M.yang dipangil Babah Bayan ini menambahkan saat di tanyakan soal apakah Rumah Betawi Tempo Doeloe ini Pernah Mengikuti Festival atau Pernah Mengadakan Festival Adat Budaya Betawi.

“Kalau festival Rumah Betawi belum pernah mengikuti kegiatan kegiatan Festival tapi kalau diundang ketika ada kegiatan kegiatan Betawi seperti ada acara kemeriahan dan kegiatan kegiatan komunitas Betawi seperti itu kita mengikuti jadi mereka juga sudah pada tahu bahwasannya Rumah Betawi itu udah ada dan juga promosi kami marketing itu yang pertama kita memasukan di facebook ,media sosial ya awalnya seperti itu,ketika dimasukan ke facebook maka orang mengetahui," tandas Abah.

Ist.

"Rumah Betawi di Daerah Bekasi akhirnya mereka berbondong bondong pada melihat apakah bener ada, karena dilihat dari gambarnya,fotonya dari media sosial itu istilahnya cakep tapi ada juga yang datang kemari ternyata bener," imbuhnya.

Ketua Pengurus Rumah Betawi Tempo Doeloe ini Juga menerangkan soal asal pengunjung yang datang ke Rumah Betawi ini.

"Kalau Pengunjung ini dari jauh juga ada,dari yang dekat dekat juga ada,ya meraka itu tahunya dari media sosial,pernah ada dari pulau seribu ada pokonya yang dari Jabotabek ada sampai disini walaupun tidak terlalu banyak,untuk masuk ketempat ini,ini tidak dimintakan biaya jadi kita disini hanya menaruh tempat silahkan bagi yang mau memasukkan kekotak itu,untuk perawatan,ya rata rata ketika memang dia itu datang berkunjung ada yang memasuakan kekotak,tidak di targetkan tarifnya itu berapa ,terus untuk parkir juga disini tidak dipungut biaya,Cuma pada hari hari tertentu saja seperti hari sabtu dan minggu tujuannya seperti untuk biaya perawatan,kebersihan,biaya untuk pembuatan Rumah Betawi ini adalah dari teman teman dan juga bahan bahan untuk Rumah Betawi Itu adalah dari bahan Bekas ,seperti dari kayu tidak dipakai bisa dipake dan dimanfatkan lagi kita manfatkan disini,dan juga termasuk genteng,asbes dan sebagainya dan semuanya itu adalah barang bekas yang tidak digunakan lagi kita minta”Terangnya.

Adapun fasilitas dan sarana yang ada di tempat Rumah Budaya Betawi tempo Doeloe ini Babah Bayang Menerangkan 

“Bahwa di Rumah Budaya Betawi ini terdiri dari Lima Rumah Betawi ,Permainan anak anak,Ondel Ondel dan juga peninggal peninggalan seperti yang dulu pernah di pakai orang betawi dijaman dahulu ,kalau anak anak sekarang itu belum ada yang kenal dibelakang ada dapur,ada lumpang,kita juga buat miniatur,sumur kerek karena orang betawi itu dulu seperti itu nanti juga kita akan buat lagi yang lebih kuno lagi yanag lama kira anak sekarang itu tidak tahu," katanya.

Saat ditanya apakah sudah ada perhatian ataupun batuan Dari Pemerintah Khususnya dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk Rumah Budaya Betawi ini, Babah Bayan ini menjawab.

“Kalau Perhatian ya Memperhatiakan dari semuanya dari Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bekasi dan untuk saat ini bantuan Biaya belum ada,termasuk ada dari Pemerintahan kelurahan Jati Mulya sejak dari pemerintah renovasi Rumah Budaya Betawi ,Harapannya ya yang pertama Pemerintah Daerah ayo sama sama kita lestarikan Budaya Bekasi termasuk Betawi,dan juga kalau ada anggaran memang dari Pemerintah silahkan disalurkan disini agar kita lebih meningkatkan lagi kegiatan yang ada Rumah Betawi ini dan pesan untuk masyarakat saya ucapkan terimakasih untuk Masyarakat yang telah berkunjung ke Rumah Betawi ini “Tutupnya.

Salah satu pengunjung Rumah Budaya Betawi Tempo Doeloe Wiwin dari Bantar Gebang mengungkapkan “saya sudah dua kali berkunjung ketempat wisata ini,pendapat saya menenai Temapat Wisata Rumah Budaya Betawi ini sangat bagus,berkesannya ada rumah juga bagus baguslah,ya mungkin harus di tambah fasilitas tempat jajan kalau haus kita harus keluar lagi,untuk pemerintah semoga ada bantuan untuk rumah betawi ini agar dapat di kembangkan lagi”Ujarnya.

Salah satu pengunjung Rumah Budaya Betawi Bunto asal Bantar Gemabang juga menjelaskan “Menurut saya bagus ya,karena budaya yang udah lama ama anak anak muda nya yang tidak tahu bisa seperti ini bisa tahu lagi,jadi dari pada kita jauh jauhkan cari hiburan,cari tempat santai,bagusnya di tempat sendiri, fasilitasnya sih mudah mudahan aja pemerintah bisa menyokong dananya buat pengurusnya disini untuk lebih maju,lebih bagus supaya nanti lebih banyak pengunjung,"imbaunya.

Penulis : S Erfan Nurali
Editor  : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad