Kapolres Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabag Ops, Kasat Binmas dan Kasat Narkoba - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 06 Oktober 2020

Kapolres Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabag Ops, Kasat Binmas dan Kasat Narkoba

0 Viewers
Foto : Secara Simbolis Kapolres memakaikan penyematan tanda jabatan.

Berita Rakyat, Surabaya.  Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Gelar apel upacara serah terima jabatan Kabag Ops, Kasat Binmas dan Kasat Narkoba bertempat di Lapangan Makopolres yang dilaksanakan, Selasa (6/10/2020).

Adapun Rangkaian Kegiatan Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam Polres Pelabuhan Tanjung Perak dimulai pukul 07:00 WIB.

Dilanjutkan Kepala Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H. selaku Inspektur Upacara memasuki tempat Upacara.

Personel yang turut hadir dalam kegiatan Sertijab Ka Polres Pelabuhan Tajung Perak adalah Wakapolres Pelabuhan Tanjug Perak, didampingi Kapolsek jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak, berserta Para PJU, Pama, Anggota Intelkam, Anggota Reskrim dan Anggota gabungan Polsek Jajaran.

Setelah itu, Pejabat yang melaksanakan serah terima Jabatan mengambil tempat dan laporan, dengan rangkaian, Pembacaan keputusan Kapolda Jatim, Penanggalan dan penyematan Tanda Jabatan oleh Inspektur Upacara, Rohaniawan mengambil tempat, Penandatanganan Berita Acara, Sumpah Jabatan dan pakta Integritas, Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Inspektur Upacara.

Perlu diketahui, Serah terima Jabatan Kali ini, Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Dari Kompol Moh.Mahmud, S.H.,M.H. Kepada AKP Dr. Eko Nur Wahyudiono, S.H.,M.Kes. Berserta Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Dari AKP Dr. Eko Nur Wahyudiono, S.H.,M.Kes Kepada AKP Novian Widyantoro, S.H. Dan Kasat Res Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Dari AKP Moch Yasin, S.H Kepada AKP Yadwivana Jumbo Qantasson,S.I.K.

Dalam Sambutan atau Amanat Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, untuk mengawali amanat ini terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah SWT, karena atas rahmat, taufik dan hidayah-nya, pada hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk hadir pada upacara serah terima jabatan kabagops, kasatbinmas dan kasatresnarkoba polres pelabuhan tanjung perak dalam keadaan sehat walafiat.

"Peserta upacara yang saya hormati,
Pelaksanaan serah terima jabatan kali ini selain merupakan rangkaian proses rotasi penugasan yang diperuntukan bagi pembinaan karier personil yang bersangkutan juga bertujuan untuk peningkatan akselerasi produktifitas dan kinerja organisasi polri khususnya polres pelabuhan tanjung perak." kata AKBP Ganis.
                            
Jabatan kabag dan kasat merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali wakapolres, sebagaimana diatur dalam perkap nomor 23 tahun 2010 tentang susunan organisasi dan tata kerja tingkat polres. 

"Dimana jabatan kabag ops merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah kapolres yang bertugas merencanakan dan mengendalikan operasional kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat dan atau instansi pemerintah, menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan polres serta mengendalikan keamanan markas." terangnya.

Sedangkan kasat binmas bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan perpolisian masyarakat ( polmas ), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa ( pengamanan swakarsa ), polsus ( perpolisian khusus ), serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga-lembaga baik swasta maupun negri, instansi-instansi swasta maupun negri dan menjalin silaturrahim dengan tokoh yang ada dalam masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat sadar akan hukum dan peraturan per undang-undangan serta terpeliharanya kamtibmas.

"Untuk kasat resnarkoba bertugas melaksanakan pembinaan fungsi penyelidikan, penyidikan." ungkapnya.

Pengawasan penyidikan tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba berikut prekursornya, serta pembinaan dan penyuluhan dalam rangka pencegahan dan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

"Peserta upacara yang saya hormati,
Pada kesempatan ini, saya selaku kapolres beserta seluruh keluarga besar polres pelabuhan tanjung perak menyampaikan selamat dan terimakasih dan penghargaan kepada Kompol Moh. Mahmud, S.H., M.H., AKP dr. Eko Nur Wahyudiono, S.M., M.Kes., dan AKP Moch. Yasin, S.H., telah menunjukkan kinerja yg sangat baik sehingga sapat berjalan dengan sangat baik, semoga pengalaman yang saudara dapatkan selama bertugas di polres pelabuhan tanjung perak ini dapat diterapkan pada tempat tugas yang baru." imbuhnya.

Menurut AKBP Ganis, menambahkan Pejabat baru AKP dr. Eko Nur Wahyudiono, S.H., M.Kes., AKP Novian Widyantoro, S.H., dan AKP Yadwivana Jumbo Qantasson, S.I.K., saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman yang telah di miliki pada penugasan jabatan sebelumnya, akan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan polri dan harapan masyarakat. Tunjukkan loyalitas dan dedikasi sebagaimana yang selama ini telah diberikan pada kesatuan lama,upayakan agar lebih baik karena tantangan tugas kedepan akan semakin meningkat dan kompleks.

"Demikian amanat saya. Semoga allah swt selalu melimpahkan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian di dalam pengabdian diri kepada masyarakat, bangsa dan negara. Sekian dan terimakasih,"jelasnya.

Upacara serah terima Jabatan telah selesai dilaksanakan dan pukul 07:55 wib dilanjutkan dengan acara Ramah tamah.


Penulis : Samsul
Editor  : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad