Cara mudah Buat SIM di Surabaya - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 23 Oktober 2020

Cara mudah Buat SIM di Surabaya

0 Viewers
Foto : Banner tata cara pengurusan SIM sesuai prosedur

Berita Rakyat, Surabaya. Prosedur dan persyaratan permohonan surat izin mengemudi (SIM) bakal bertambah di satuan pengurusan administrasi (Satpas) Colombo. Salah satunya kini pemohon harus melampirkan surat kesehatan tes psikologi.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Tjandra S.I.K M.si mengatakan, tujuan ditambahkannya surat tes psikologi untuk megetahui tingkat emosi calon pemohon. Aturan melampirkan tes psikologi juga sesuai dengan persyaratan kesehatan pasal 81 ayat (4) UU nomor 22 tahun 2009.

"Tujuannya diadakan psikologi untuk mengetahui tingkat emosi. Ini kebijakan dari Polda, dari atas. Kita cuma pelaksana soal syarat itu," kata Teddy.

"Tes rohani atau psikologi ini di dalamnya meliputi kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri kemudian stabilitas emosi," tambahnya.

Menurut Teddy, persyaratan tes psikologi mulai dilaksanakan sekaligus sebagai sosialisasi. Sedangkan pelaksanaannya bukan hanya di Surabaya saja, namun juga dilakukan di seluruh Jawa Timur. 

"Ini juga berlaku di seluruh di Jawa Timur. Ya istilahnya sambil sosialisasi sambil pengenalan juga untuk melengkapi," tutur Teddy.

"Jadi, Tak hanya itu, pemohon wajib untuk mengikuti ujian teori dan test praktek mengemudi di lapangan. Yang berlaku untuk SIM A dan SIM C juga memperpanjang yang baru," imbuhnya. 

Kami tidak akan melayani setiap pemohon yang tidak sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku pungkasnya. 


Penulis : Samsul
Editor  : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad