Dua Komplotan Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polres Pelabuhan Tanjung Perak - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 29 Juli 2020

Dua Komplotan Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polres Pelabuhan Tanjung Perak

0 Viewers


Berita Rakyat, Surabaya.  Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Giat Konferensi Pers, Atas keberhasilan Reskim mengungkap pembuatan uang palsu (UPAL). Dengan menangkap tersangka pembuat dan pemodal sekalin pengerdar, pada hari Rabu (29/7/2020) pukul 09:00 wib.

Tersangka yakni berinisial BBT (26) asal Surabaya dan MY (43) warga Medan, Sumatera, Namun berdomisili di Surabaya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.SI., M.H. mengatakan, uang palsu yang diamankan terdiri dari pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000.

"Perbandingannya 1 banding 3 Setiap pembelian Rp 1 juta uang asli, masyarakat akan mendapat imbalan berupa uang palsu sebesar Rp 3 juta," ujar Ganis saat gelar konfrensi pers di Malpores Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dari tangan BBT dan MY, anggota berhasil mengamankan barang bukti upal palsu pecahan 100 ribuan dan 50 ribuan dengan total hampir 20 juta.

"Modus tersangka dengan cara scaner uang asli, karena kertas Comfort merupakan satu jenis kertas yang mirip dengan mata uang asli, kemudian diprint satu lembar kertas itu dan rata-rata hanya diprint satu sampai dua kali saja." ungkap Ganis.

Saat ini, sudah beredar diseluruh Indonesia. Kemudian cara pengedarannya menurut keterangan tersangka, dengan cara lewat media sosial Facebook.

"Untuk pemesanan tersangka sudah ada dari Medan, Palembang, Bali, Bandung, Madura dan Mojokerto, serta seputar wilayah Jawa Timur" kata Ganis

Kedua pelaku dijerat Pasal 36 ayat (1), (2) Jo pasal 26 ayat (2) UURI Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman 10 tahun penjara.


Penulis : Samsul
Editor   : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad