Cegah Covid-19, Dandim Perketat Pengawasan Untuk Kembali ke Zona Hijau - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 19 Juli 2020

Cegah Covid-19, Dandim Perketat Pengawasan Untuk Kembali ke Zona Hijau

0 Viewers
Foto : Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB bersama rekan-rekan Wartawan
Berita Rakyat, Tapaktuan.  Untuk menuju kabupaten Aceh Selatan kembali ke zona hijau hendaknya semua pihak terlibat, baik pemerintah maupun masyarakat, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Aceh Selatan.

Demikian disampaikan Dandim 0107/Aceh Selatan  Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB saat kopdar (Kopi Darat) bersama awak media di kawasan RTH Taman Pala Indah, Tapaktuan (19/07/2020) malam.

"Perjuangan dan dedikasi tim gugus tugas PP Covid-19 Aceh Selatan baik diperbatasan maupun bidang lainnya sudah sangat baik dan optimal dalam menangkal penyebaran virus corona, namun hal itu perlu ditingkatkan lagi khususnya dengan memperketat pengawasan di dua perbatasan" kata Dandim

Dandim mengajak masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangkal penyebaran virus corona dengan cara menjalankan tatanan kebiasaan baru dengan selalu  menerapkan protokol kesehatan, baik menggunakan masker jika melakukan aktivitas diluar rumah, mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir hingga melakukan jaga jarak jika berada pada kondisi yang ramai.

“Ini perlu dilakukan hingga kesetiap gampong, keuchiknya  juga harus berperan dan harus siap untuk mendukung program kebiasaan baru selama pandemi covid-19  sehingga Aceh Selatan yang sekarang masih berstatus zona kuning agar dapat kembali ke zona hijau,” Ujarnya

Lebih lanjut, hingga saat ini  Aceh Selatan masih sangat berat dalam hal menangkal virus tersebut, persediaan APD dan pasilitas lainnya seperti Rapidtest terus menipis, sehingga diperlukan peran setiap elemen dalam menanggulanginya.

“Melalui Babinsa di Koramil jajaran, Kodim 0107/Aceh Selatan kita tetap mensosialisasikan kepada masyarakat secara terus menerus untuk mengenakan masker serta sosialisasi lainnya dalam hal menjaga kesehatan. Perilaku hidup sehat dan persoalan lainnya, jika masyarakat sudah memahami dan dapat menerapkan konsep tersebut dan pemerintah melalui gugus tugas konsen dalam menangkal penyebaran virus ini, maka perlahan status hijau untuk Aceh Selatan kembali dapat kita raih,” lanjutnya.

Tak hanya itu, lanjut Dandim, untuk menuju zona hijau semua pihak harus bersinergi jika memungkinkan dapat dipilih opsi sebagai sebuah solusi dengan mengusulkan ke provinsi agar dari zona kuning dapat menjadi ke hijau yang tentunya berdasarkan alasan dan fakta di lapangan. Tak hanya itu, perwira menengah TNI AD ini juga meminta agar masyarakat dapat menahan diri untuk tidak bepergian ke zona merah agar tidak tertular penyakit Covid-19.

“Kepala Desa harus terlibat aktif untuk membatasi warganya yang akan berkunjung ke zona merah, Insya Allah jika zona telah kembali hijau maka aktivitas sekolah di Kabupaten Aceh Selatan dapat dilanjutkan, mari kita bersama-sama mencegah dan lawan Corona,” tutupnya.

Penulis : Kausar
Editor   : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad