Janjikan Orang Jadi PNS, Satpam di Bui - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 29 Juni 2020

Janjikan Orang Jadi PNS, Satpam di Bui

0 Viewers
Foto : Sugiarto (46) satpam pelaku penipuan.

Berita Rakyat, Surabaya. Petugas keamanan gedung DPRD Kota Surabaya, Sugiarto (46), Warga Jalan Perum Oma Menganti Kecamatan Menganti Gresik, kini  harus mendekam di jeruji besi lantaran pelaku menipu bisa meloloskan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Surabaya. 

Pelaku ditangkap sesuai laporan Polisi atas nama Septian Adi, dan pelaku ditangkap saat pulang kerja di rumahnya.

Kanit Reskrim Polsek Sawahan Iptu Ristitanto mengatakan, Pelaku menjanjikan korban bisa diterima sebagai pegawai PNS atau pekerja kontrak di Dinas Kebersihan atau Dinas Pariwisata pemkot Surabaya. Kejadiannya 2019 lalu.

"Aksi penipuan ini bermula saat tersangka menginformasikan bahwa pendaftaran PNS di lingkungan Pemkot Surabaya bisa melalui jalur belakang, dan  pelaku berjanji akan meloloskan"Jelas Kanit Reskrim.

"Dengan rayuan manis, akhirnya korban tergiur dengan lidahya yang tak bertulang." Ungkap Kanit Reskrim Iptu Ristitanto.

Sebelumnya pelaku bekerja menjadi Satpam di DPRD Kota Surabaya makanya korban begitu percaya, pada saat itu korban menyetorkan uang sebesar 55.000.000,- (Lima puluh lima juta rupiah) secara bertahap, bahkan pelaku memberikan kwitansi ketika korban memberikan uang.

"Ternyata pelaku tidak pernah menepati janji, Bahkan pelaku malah menghilang dan pindah dari kota ke kota lain." ujar Kanit Reskrim dengan Dua balok dipundaknya.

Masih Kanit Reskrim pelaku terpaksa menipu karena saat itu perlu uang. Kebenaranya tidak bisa memasukan seseorang bekerja menjadi PNS. Karenaam ada yang mau, terpaksa pelaku melakukan seperti itu (penipuan)." Pungkas Iptu Risti menirukan perkataan pelaku. 

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita 5 kuitansi pembayaran korban. Akibat perbuatannya, pelaku terancam dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan.


Penulis : Samsul
Editor  : Kukuh 

Tidak ada komentar:

Post Top Ad