Usulan PSPB DKI Jakarta Direstui oleh Pemerintah Pusat, Dolar Takluk. - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 10 April 2020

Usulan PSPB DKI Jakarta Direstui oleh Pemerintah Pusat, Dolar Takluk.

0 Viewers
Perry Warjiyo,  Gubernur Bank Indonesia


Berita Rakyat, Surabaya - Tepat pukul 00:00 wib. Jumat, 10 April 2020 usulan Pemda DKI Jakarta tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPB) resmi berlaku setelah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Sejak hari ini PSPB DKI akan diberlakukan hingga 14 hari ke depan.

Sehari sebelumnya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan bahwa PSPB akan mengurangi tersebarnya Covid-19 dan kondisi ini membawa confidence pasar serta rupiah akan bergerak stabil dan menguat.

"Koordinasi BI, pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga diapresiasi pasar sehingga mendorong penguatan kurs rupiah,"  tambah Perry.

Diakui olehnya bahwa persetujuan Presiden Joko Widodo atas diberlakukannya PSPB di Jakarta menjadi salah satu elemen sentimen positif pasar. Terbukti tidak sampai sehari pemberlakuan PSPB di Jakarta, akhirnya dolar AS takluk di angka Rp. 15.000-an dari sehari sebelumnya yang masih mencengkeram rupiah di nominal 16.159.

Jakarta sebagai epicenter pandemi Corona di Indonesia sudah sepatutnya untuk diberlakukan PSPB sebagai penguatan dari phisical dan social distancing.

Di sisi lain Achmad Yuriyanto, juru bicara Pemerintah untuk COVID-19 menyatakan bahwa cara paling efektif menghentikan penyebaran COVID-19, Corona, adalah dengan memberlakukan PSPB.

Lebih jauh Yuri mengatakan Pemerintah Daerah yang menerapkan PSPB wajib menjaga kelancaran distribusi logistik dari daerah lain, sehingga kestabilan persediaan pangan masyarakat akan tetap terjaga. Secara umum kebijakan PSPB included di dalamnya mengatur dengan baik kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, dan pendidikan.







Penulis : El-Hadi
Editor :

Tidak ada komentar:

Post Top Ad