Pengadaan Camera PTZ Dishub Kota Medan TA 2019 Senilai Rp1,8 Dipertanyakan - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 21 November 2019

Pengadaan Camera PTZ Dishub Kota Medan TA 2019 Senilai Rp1,8 Dipertanyakan

0 Viewers
Ist.
Berita Rakyat, Medan ~ Anggaran pengadaan  Camera Pan Tilt Zoom (PTZ) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan TA 2019 senilai Rp1,8 Miliar dipertanyakan.

Selain anggarannya yang cukup fantastis, pengadaan camera Pan Tilt Zoom TA 2019 senilai Rp1,8 Miliar yang ada di 15 lokasi di Kota Medan tersebut ternyata hingga kini belum juga dilaksanakan.

Selain belum dikerjakan, pengadaan kamera PTZ  Dishub Medan tersebut terus dianggarkan, mulai tahun 2107 hingga 2019 dengan nilai miliaran rupiah. 

Diduga, proyek pengadaan kamera PTZ mulai tahun 2017-2019 Dishub Medan berbiaya miliaran rupiah itu sarat korupsi. 

Pasalnya, lokasi  pemasangan Camera Pan Tilt Zoom (PTZ) yang dianggarkan Dinas Perhubungan Kota Medan Tahun 2019 sebesar 1,8 milyar di 15 lokasi tersebut juga belum dikerjakan. 

Yang anehnya lagi, pengadaan camera PTZ ini dimenangkan oleh CV. Atjeh Baroe yang beralamat di Gampung Lampeudeu Tunong Kec. Pidie Kab Aceh.

Informasi yang dihimpun berita-rakyat.co.id, Selasa (19/11/2019) kamera PTZ  adalah kamera yang mampu mengontrol directional jarak jauh dan zoom.

Dalam produksi televisi kontrol PTZ digunakan dengan kamera video profesional di studio televisi dan disebut sebagai robotika kamera. Sistem ini dapat dikendalikan dari jauh oleh sistem otomatisasi.

Camera PTZ ini direncanakan akan di fungsikan bersama Dinas Perhubungan dan Polda Sumatera Utara untuk memantau secara elektronik melalui jaringan CCTV.

Terpisah, Kabid Lalin Dinas Perhubungan Kota Medan Suriono selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) membenarkan pengadaan kamera PTZ mulai tahun 2017 hingga 2019.

Kata Suriono, proyek pengadaan kamera PTZ tahun 2017 dan 2018 sudah dikerjakan dan tidak fiktif.

Saat ditanya kenapa pengadaan kamera PTZ tahun 2019 belum juga dijerjakan hingga Novemberi 2019.

"Pengerjaannya kan gampang, sebentar aja dikerjakan. Ini lagi kita siapkan pengerjaannya, " kata Suriono enteng.

Ditanyakan mengapa pengadaan kamera PTZ berbiaya miliaran tersebut terus dianggarkan hingga tahun 2019, meski diketahui kamera PTZ tersebut  bukanlah barang yang habis pakai.

"Ya itu karna banyak permintaan. Kita diberikan anggaran ya anggaran itu kita pergunakan, " jelas Suriono tanpa menjelaskan atas permintaan siapa. 

Namun, saat disinggungg berapa harga dan merk apa yang di dalam spesifikasi pengadaan kamera PTZ tahun 2017 hingga 2019, 
Suriono enggan bercerita.

Namun dirinya selaku KPA hanya menentukan uraian pekerjaannya saja, seperti penempatan pemasangan kamera di sejumlah titik yang dipasang.

"Di pengadaan itukan gak ada ditanyakan mengenai harga dan meteknya, tapi spesipikasinya, " terang Suriono kepada wartawan.

Berdasarkan data yang diperoleh, pemasangan kamera PTZ di tahun 2017,  Dinas Perhubungan Kota Medan menganggarkan biaya sebesar 2,3 milyar yang bersumber dari APBD Kota Medan.

Proyek tersebut dimenangkan oleh PT. KRSI beralamat di Jalan  Petogogan II, No. 9 Pulo Kebayoran Jakarta Selatan. 

Ditahun 2018 Dinas Perhubungan Kota Medan juga menganggarkan pengadaan kamera PTZ senilai 2,4 milyar bersumber dari APBD Kota Medan. Camera PTZ tersebut dipasang di 21 titik lokasi di Kota Medan.

CV. GK yang beralamat di Jalan Sanggar Kencana Propinsi Jawa Barat diketahui sebagai pemenangnya. 


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad