Pengadaan Belanja Jasa Cleaning Servis Disporasu Senilai Rp3,5 Miliar Diduga Sarat Korupsi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 26 November 2019

Pengadaan Belanja Jasa Cleaning Servis Disporasu Senilai Rp3,5 Miliar Diduga Sarat Korupsi

0 Viewers

Berita Rakyat, - Medan ~  Demi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga  tentu apa saja akan dikerjakan, sekalipun harus menjadi tenaga Cleaning Servis atau " CS ".

Namun terkadang, masih saja ada oknum pejabat Pemerintah yang tega menikmati hasil keringat mereka demi untuk meraup keuntungan. 

Bahkan, sesuai data yang tercantum di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Anggaran Belanja Pengadaan Jasa / Tenaga Cleaning Servis "CS" TA 2019 sebesar Rp3,5 Miliar diduga jadi bancakan para pejabat pemerintah yang ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut. 

Yang anehnya, pada harga perkiraan sendiri (HPS) anggaran Pengadaan Belanja Jasa Cleaning servis di Dispora Sumut diketahui hanya sebesar Rp1,6 Miliar. 

Ternyata, berdasarkan penawaran terendah sebesar Rp1,6 Miliar, Pengadaan Belanja Jasa / Tenaga CS TA 2019 tersebut dimenangkan oleh CV. TDP yang beralamat di Jalan Wijaya 5 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Namun berdasarkan informasi dan penelusuran yang dilakukan dilapangan, kantor TDP yang dimaksud tersebut berada di Jalan Ringroad/Gagak Hitam Medan Sunggal.

Penuturan salah seorang pekerja 'CS 'yang tidak mau namanya disebutkan, membenarkan bahwa mereka dari CV TDP. 

Namun tidak berkantor seperti di alamat yang tertera di lelang. Ia juga mengatakan, jika ada yang mau masuk sebagai pekerja 'CS' mendaftarnya di Jalan Ringroad/Gagak Hitam. 

"Baru satu tahun ini kami gabung di CV. TDP. Kalo ada yang mau masuk sebagai pekerja CS daftarnya ke Jalan Ringroad atau Gagak Hitam, sesuai alamat Kantor CV. TDP, " ujarnya.

Berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) anggaran bernilai miliaran rupiah Pengadaan Belanja Jasa/Tenaga CS di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut tersebut sejatinya akan diberikan kepada 104 tenaga CS. 

Terpisah, Sekretaris Dispora Sumut, Rudi Rinaldi, S.sos, MAP saat di konfirmasi berita-rakyat.co.id melalui WatsAppnya, Jumat (22/11/2019) mengatakan bahwasanya ia masih berada diluar, dan mengarahkan wartawan agar menemui PPTK. 

"Saya masih diluar, nanti saya arahkan ke PPTK nya ya, " kata Rudi.

Saat ditanyakan, anggaran manakah yang diterapkan Dispora Sumut terkait penggajian Jasa/Tenaga CS di Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut untuk TA 2019 ?

"Hubungi PPTK ya bang, " tutur Rudi lagi sembari memberikan no WA PPTK bernama Ismail.

Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) Dispora Sumut, Ismail kepada berita-rakyat.co.id, Sabtu (23/11/2019) mengatakan, dikarenakan tender yang pertama tidak ada pemenangnya, maka terpaksa tender diulang, dan itu diperbolehkan.

"Karena tender awal tidak ada pemenangnya, terpaksa tender diulang. Dan itu dibolehkan, " kata Ismail tanpa menjelaskan kapan dilaksanakan tender berikutnya.

Disinggung berapa jumlah Jasa/Tenaga CS Dispora Sumut TA 2019.

"Jumlah tenaga CS berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Disporasu TA 2019 jumlah tenaga CS 87 orang, " sebut Ismail.

Saat ditanya apakah terkait penggunaan anggaran pengadaan belanja Jasa/Tenaga CS TA 2019 itu berdasarkan yang tertera di DPA atau yang tercantum di LPSE..?

"Yang tertera di DPA, " jawab Ismail. 

Begitu ditanyakan bahwa berdasarkan yang tercantum di LPSE, pengadaan belanja Jasa/Tenaga CS Dispora Sumut TA 2019 senilai Rp3,5 Miliar twrsebut sejatinya berjumlah 104 orang. 

"Saya gak tau, saya gak pernah lihat, " ungkap Ismail.

Ismai menjelaskan, terkait penawaran CV, TDP sebesar Rp1,6 Miliar adalah penawaran terhitung untuk bulan 6, karena tender dimenangkan di bulan 7, " jelas Ismail meski sebelumnya mengatakan bahwa proses tender awal tidak ada pemenangnya.

Dikatakannya, untuk pengadaan barang dan jasa sesuai Perpres no 16 tahun 2018 untuk pengadaan di atas 200 juta harus dilakukan dengan tender, " terangnya.

Sekretaris Dispora Sumut Rudi Rinaldy sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pengadaan belanja Jasa/Tenaga CS Disporasu TA 2019 senilai Rp3,5 miliar menolak menjawab konfirmasi wartawan, dan kembali mengarahkan ke PPTK. 

Salah seorang staf Unit Layanan Pengadaan Pemprov Sumut (ULP) saat dikonfirmasi wartawan terkejut bahwa pemberian gaji karyawan untuk Jasa/Tenaga Cleaning Servis (CS) tersebut di tenderkan.

Selaku pihak penentu lelang, pihaknya telah melakukan sesuai proses.

Tapi dirinya menampik bahwa masalah gaji itu tidak bisa di tenderkan.

"Tidak mungkinlah gaji sampai di tenderkan." sebut salah satu staf di ULP Sumut tersebut. 

Disinggung sesuai data yang ada, staf tersebut berusaha berdalih sembari menjelaskan, bahwa jika pun di tenderkan itu hanya nilai keuntungan penyedia jasa saja, bukan gaji karyawannya. 

"Kalaupun ada di tenderkan, itu bukan gaji karyawannya, tapi nilai keuntungan perusahaan yang di tenderkan, " kilahnya.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad