Tak Berikan Sanksi Siswa Terlibat Demo, Kornas TRC PA Kritisi Kinerja KPAI - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 02 Oktober 2019

Tak Berikan Sanksi Siswa Terlibat Demo, Kornas TRC PA Kritisi Kinerja KPAI

0 Viewers

Berita Rakyat, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kepala Dinas Pendidikan tidak memberikan sanksi atau mengeluarkan siswa yang mengikuti aksi demo di DPR RI dari sekolah. 

Senada hal tersebut dinyatakan seusai bertemu beberapa relawan, korban, serta mendapat pengaduan masyarakat terkait keterlibatan anak dalam aksi massa yang terjadi demo kemaren.

"Sebagian besar anak-anak ini adalah korban ajakan di media sosial, orang-orang yang tidak mereka kenal sama sekali," kata Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis (26/9/2019)

Retno mengatakan bahwa usia anak merupakan saat-saat di mana mereka mudah untuk ikut dibujuk. Hal ini karena para pelajar ini belum tahu risiko dan bahaya untuk tindakannya.

Melihat hal itu, kornas Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) Naumi Supriadi (Bunda Naumi) justru mengkritisi kinerja dan menganggap KPAI lebai, dan tidak sependapat dengan itu, menurut saya biarkan anak - anak di beri sanksi yang sesuai dengan tindakannya, namun tetap dalam kontek mendidik.

"Anak - anak tersebut jangan di manja, jangan sampai anak - anak itu anggap tindakan anarkis yang dilakukan  mendapat pembenaran, bisa jadi mereka justru buat gagah - gagahan, makin heran saya dengan sikap dan tindakan KPAI, ada apa dengan KPAI??," keluh Bakmi.

Masih kata ketua Kornas TRC PA, meskipun hak perlindungan terhadap anak merupakan hal yang penting, dimana perlindungan hukum terhadap anak sepatutnya lebih dioptimalkan demi perkembangan dan pertumbuhannya, mengingat anak sebagai penerus bangsa dan negara

"Namun tidak harus memanjakannya dengan tidak memberikan sangsi tegas jika anak bersalah, Justru hal itu yang akan menjadikan mereka tidak disiplin dan bertindak se-enaknya, Yang lebih tepat menurut saya, kita tingkatkan Gerakan  preventif, edukatif dan perlindungan anak, demi kelangsungan hidup anak - anak menggapai masa depan," tegas Bunda Naumi kepada wartawan.


Penulis : Ade

Tidak ada komentar:

Post Top Ad