Ombusdman Sumut : Tim Saber Pungli Diminta Usut Dugaan Penyelewengan Dana BOS SMPN 19 - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 20 September 2019

Ombusdman Sumut : Tim Saber Pungli Diminta Usut Dugaan Penyelewengan Dana BOS SMPN 19

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Keterbukaan informasi terhadap pelayanan publik terkait adanya dugaan penyelewengan Dana BOS SMPN 19 Medan seharusnya disikapi positif Kepala Sekolah.

Sesuai dengan Pasal 25 tahun 2009, tidak ada alasan Kepala Sekolah bersikap tertutup dan tidak menjawab konfirmasi wartawan.

Menurut Kepala Ombusdman RI perwakilan Sumut Abyadi Siregar kepada Berita Rakyat.co.id melalui via selulernya belum lama ini mengatakan, Dana BOS yang di transfer ke rekening Bendahara Sekolah sejatinya harus dipergunakan sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis (Juknis) tentang penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 

"Kepala Sekolah SMPN 19 Drs, Maradu Silaban, M.Pd harusnya merespon konfirmasi wartawan terkait penggunaan Dana BOS Tahun 2018 dan Tahun 2019 periode I dan II yang dimaksud tersebut, "kata Abyadi. 

Undang-Undang keterbukaan informasi harus menjadi acuan setiap Kepala Sekolah dalam menyampaikan  penggunaan Dana BOS tersebut kepada publik dengan sikap terbuka. 

Pertanyaannya, jika memang Dana BOS tersebut tidak diselewengkan, mengapa Maradu Silaban tidak merespon konfirmasi wartawan? atau Kepala Sekolah merasa risih dan khawatir jika Dana BOS SMPN 19 sebesar Rp162 Juta/tiap Tri Wulan tersebut diketahui oleh publik..?

Menyikapi kasus dugaan korupsi penyelewengan Dana BOS SMPN 19 Jalan Agenda tersebut, Kepala  Perwakilan Ombusdman wilayah Sumut Abyadi Siregar pun angkat bicara.

Menurut Abyadi Siregar, penggunaan Dana BOS oleh setiap sekolah sejatinya harus digunakan sesuai dengan yang tercantum didalam petunjuk teknis (Juknis) mengenai penggunaan Dana BOS. 

"Saya kira masalah penggunaan Dana BOS itu sudah cukup jelas. Dana BOS itu harus digunakan sesuai dengan yg diatur dalam Juknis, " kata Abyadi.

Disinggung mengenai dugaan korupsi penyelewengan Dana BOS SMPN 19 yang dilakukan Kepala Sekolah Drs Maradu Silaban, M.Pd.

"Jika benar Kepsek SMPN 19 menyelewengkan Dana BOS itu, ya dalam hal ini Tim Saber Pungli kita munta untuk mengusut kasus itu, " tegas Abyadi.

Lanjut Abyadi, Dana BOS itu sejatinya harus digunakan sesuai dengan aturan yang sudah di proyeksikan.

"Jadi tidak ada alasan, Dana BOS harus dipergunakan hanya untuk kebutuhan sekolah, bukan untuk hal yang lain, sesuai yang di proyeksikan kepada tiap Kepala Sekolah, " ungkap Abyadi Siregar.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad