Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian Disebut Dalang Kasus Korupsi Proyek Sirkuit - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 25 Juli 2019

Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian Disebut Dalang Kasus Korupsi Proyek Sirkuit

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Puluhan massa Forum Mahasiswa Pemerhati Kebijakan Publik mendesak Polda Sumatera Utara menetapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek renovasi lintasan sirkuit atletik pusat pelatihan pelajar (PPLP) Tahun Anggaran 2017.

Desakan itu disampaikan mahasiswa dengan mendatangi Mapolda Sumatera Utara, Jalan SM Raja, Km 10,5 Medan, Kamis (25/7/2019).

Para mahasiswa meminta Kepolisian agar penyidikan tidak berhenti pada tersangka SU. Karena perbuatan atau tindakan korupsi proyek yang berada di Jalan Pembangunan, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Medan tersebut pelakunya tidak tunggal.

"Kita meminta segera tetapkan status tersangka kepada Baharuddin Siagian yang diduga kuat dalang dalam dugaan korupsi proyek yang merugikan keuangan negara. Baharuddin Siagian memiliki pengaruh besar dalam pekerjaan ini. Tangkap Baharuddin Siagian..!" tegas koordinator aksi, Afri.

Selain itu, mahasiswa juga berharap Polisi melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap rekanan pengusaha dalam proyek di Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara tersebut.

"Kita minta Polisi segera tetapkan pengusaha atau rekanan dalam pekerjaan ini, sebab ini tidak mungkin hanya pelaku tunggal," kata Afri.

Saat menyampaikan orasi itu, tidak lama kemudian, Kompol RE Samosir perwakilan dari Humas Polda Sumatera Utara menerima aspirasi dari mahasiswa. Dia menyatakan bahwa kasus ini masih dalam pengembangan pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut.

"Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara sudah menetapkan satu orang tersangka dalam dugaan korupsi renovasi lintasan sirkuit atletik pusat pelatihan pelajar ini, inisial SU. Penyidik juga sudah melakukan penggeledahan kantor Dispora Sumut. Kawan kawan dan adek-adek mahasiswa diminta untuk bersabar. Kasus ini masih dilakukan pengemangan," ucap Kompol RE Samosir.

Sebagaimana diketahui, proyek pekerjaan renovasi lintasan sirkuit atletik PPLP tersebut  bersumber dari APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2017 senilai Rp 4,7 miliar.

Anggaran proyek ini diduga digelembungkan oleh pelaku SU yang bertindak sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) di Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara.

Tersangka SU yang kini sudah pensiun pernah menjabat sebagai kepala bidang sarana prasarana dan kemitraan serta sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara.

SU dipersangkakan pihak Kepolisian melanggar Pasal 2 Ayat (1) UU RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Iya, setelah penyidik memeriksa beberapa orang saksi dan dokumen yang ada, SU akhirnya ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, Kamis 11 Juli 2019 lalu.

Selain itu, hasil audit BPKP perwakilan Sumatera Utara yang ke luar pada 4 Juli 2019 terdapat penyimpangan yang mengakibatkan terjadinya kerugian keuangan negara sebesar Rp1,5 miliar. 


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad