Dukung Jokowi, Sejumlah LSM Minta Polda Sumatra Utara Berantas Pungli dan Korupsi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 31 Juli 2019

Dukung Jokowi, Sejumlah LSM Minta Polda Sumatra Utara Berantas Pungli dan Korupsi

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Maraknya kasus pungutan liar (Pungli) dan korupsi yang melibatkan oknum di  jajaran pemerintahan dan masyarakat sipil membuat perekonomian negara kian terpuruk. 

Hal itu disampaikan oleh puluhan masa Forum Rakyat Sumatera (FoRSU) dan Gerakan Rakyat Daerah Sumatera Utara (Garda Sumut) saat melakukan orasi didepan Mapolda Sumut Jalan SM Raja, Selasa (30/7/2019) 

Sejalan dengan Misi Presiden Jokowi selama lima tahun kedepan untuk serius memberantas segala bentuk praktik Pungli dan korupsi di negeri ini tentulah harus didukung seluruh rakyat dan para aparat penegak hukum.

Kami dari Forum Rakyat Sumatera Utara dan Gerakan Rakyat Daerah  Sumatera Utara yakin dan percaya pada Kepolisian Negara RI Daerah Sumatera  Utara akan ikut mendukung misi Presiden Jokowi dengan baik dan profesional.

Kordinator aksi Arif Tambuse, Amd dan Fajar Daulay, SH dalam orasinya mengatakan, mereka hadir dalam rangka gerakam aksi nyata mendukung Polda Sumatera Utara menuntaskan perkara pencurian uang negara yang dilakukan secara korporasi. 

Begitu juga dengan Pungli yang meresahkan masyarakat yang dilakukan oknum-oknum pemerintahan adalah merupakan penggelapan pendapatan asli daerah (PAD). 

"Kami yakin dan percaya kepada kinerja Polda Sumatra Utara dalam menangani berbagai kasus Pungli dan korupsi di Sumut, " kata Arif Tambuse.

Mulai dari kasus korupsi Dispora Sumut terkait pembangunan Sirkuit Atlit yang telah menahan PPK dan akan menyeret pelaku besar lainnya. Pungutan liar pada full bus AKDP - AKAP sejak pengalihan Terminal Terpadu Amplas, serta Pungli dari lahan parkir liar yang tidak masuk ke PAD sampai saat ini marak terjadi, " ungkap Arif. 

Lanjut Fajar Daulay, selain kasus diatas, Pungli pengemplangan pajak PBB, Pajak reklame, Pajak restoran dan Pajak air tanah yang selalu menjadi temuan audit BPKP. 

Kami juga yakin Polda Sum utara akan menuntaskan secara tuntas tetkait kasus pencurian hutan negara pasca ditetapkanya Dirut PT Alam sebagai tersangka, sehingga tidak jadi polemik di tengah masyarakat.

 "Keprofesionalan jajaran Poldasu sudah sangat teruji nyata. Ini terlihat saat penggeledahan Kantor Disporasu dan penangkaran oknum Ketua LSM yang diduga Pungli dan melakukan pemerasan, " pungkas Fajar. 

Namun dalam kasus ini Polda sumatra sangat dituntun ke transparansi apa persoalan yang sebenarnya. Karena sungguh tidak mungkin jika seseorang mau  diperas begitu saja tanpa ada persoalan yang dijadikan jalan pemerasan tersebut.


"Kasus yang dialami Ketua LSM terkait Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumatera Utara sebaiknya harus diungkap oleh jajaran Polda Sumut. Karna kami meyakini bahwa ada dugaan korupsi dalam program proyek pada dinas tersebut. Kami yakin Polda Sumut mampu nengungkap dugaan penyimpangan yang terjadi pada Dinas Bina Marga Bina kontruksi Sumut, " ucapnya. 

Dalam orasi itu Fajar juga  menyatakan, kami sagat yakin bahwa Polda Sumut mampu menyeret seluruh pelaku yang terlibat dalam dugaan korupsi proyek renovasi lintasan sirkuit Tertan Atletik PPLP Provsu APBD TA 2017 sebesar Rp4.797.700.000 hingga menyebabkan kerugian ngara sebesar Rp1,537.273.394 yang dilakukan secara korporasi atau berjamaah.

"Sesuai dengan tuntutan diatas, kami dari LSM FoRSU dan Garda Sumut menyampaikan pernyataan dukungan kepada Kepolisian negara RI Daerah Sumatera Utara, dalam menuntaskan kasus  dugaan korupsi pada OPD Dispora Sumut secara profesional dan menyeret seluruh pelakunya kemeja persidangan. 

Mendukung penuh Polda sumatra menuntaskan kasus perambahan hutan di Langkat yang telah menetapkan pelakunya sebagai tersangka tersebut agar segera ditahan.

Mendukung penuh Polda sumatra mengungkap data yang digaungkan LSM Mandiri sehingga terjadinya dugaan pemerasan pada OPD Dinas Bina Marga Bina Konstruksi Sumut hingga tuntas.

Mendukung penuh Poldasu dari segala intervensi yang dilakukan oknum dari lapisan manapun, serta siap berada dibarisan depan.

Kami yakin para penyidik Tipikor Krimsus Polda Sumut mampu bekerja secara profesional dan mementahkan segala intervensi dari pihak manapun, " tegas Fajar.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad