Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Banjar “Ngantor Didesa” - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Maret 25, 2019

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Banjar “Ngantor Didesa”

0 Viewers
Foto : Warga desa Gudang Tengah mengantri perekaman E-KTP.
Berita Rakyat, Martapura - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, melalui Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk gelar kegiatan ngantor di desa yang bertujuan memaksimalkan pelayanan data administrasi penduduk dengan program pelayanan perekaman hingga pencetakan e-KTP satu hari selesai.

Mengawali pelaksanaan kegiatan, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Sabtu (23/3) menggelar uji coba program dengan ngantor di desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Banjar, Yusi Ansyari Nihe mengungkapkan program jemput bola pelayanan data administrasi kependudukan sudah berjalan selama 2 tahun ini, namun untuk pelayanan perekaman hingga pencetakan e-KTP satu hari selesai baru kita lakukan uji coba dan berhasil.

“Program ngantor didesa gudang tengah ini yang pertama untuk pelayanan satu hari selesai, dan ada 78 e-ktp yang langsung dicetak ditempat,” jelasnya.

Foto : Warga desa Gudang Tengah memperlihatkan hasil pencetakan E-KTP satu hari selesai.

Ditambahkannya, program ngantor didesa ini bertujuan memaksimal pelayanan dengan prioritas masyarakat lanjut usia (lansia), disabilitas dan kaum milenial atau remaja yang baru masuk usia 17 tahun.

“program ini tujuannya untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat yang terkendala jarak. Lebih lagi kita prioritaskan bagi masyarakat lansia, disabilitas dan kaum milenial yang usia baru memasuki 17 tahun,” terangnya.

Padahal, lanjutnya kemampuan tenaga dan peralatan yang diturunkan setiap kegiatan ngantor didesa bisa melayani 200 hingga 250 masyarakat dengan kategori perbaikan data kependudukan, perekaman dan pencetakan e-ktp.

“kemampuan kita setiap ngantor didesa bisa sampai 200 hingga 250 masyarakat, asalkan data sudah siap baik untuk perbaikan data kependudukan seperti kartu keluarga ataupun untuk perekaman dan pencetakan e-ktp,” katanya.

Apalagi, tambahnya pada moment menjelang pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, Disdukcapil mengejar target pada beberapa wilayah yang masih kurang maksimal masyarakat memiliki e-KTP.

“untuk selanjutnya sudah ada 16 desa yang sudah siap untuk kita laksanakan kegiatan ngantor didesa untuk mengejar sebelum pelaksanaan pileg dan pilpres,” bebernya.

Bahkan, menurutnya pihaknya juga menyiapkan untuk menggelar jemput bola di Kantor Kecamatan Astambul dan Gambut. “Kecamatan astambul dan gambut juga sudah siap tinggal kita lakukan pelayanan jemput bila disana,” bebernya.

Selain itu, Disdukcapil Banjar pada tahun ini sudah menganggarkan pembelian mobil pelayanan kependudukan keliling untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. “untuk pembelian mobil pelayanan kependudukan keliling sudah dianggarkan dan masih dalam proses untuk realisasi pembeliannya,” pungkasnya.


Penulis : Apri
Editor : Yasyu

Tidak ada komentar:

Post Top Ad