DPKP Kab. Tuban Bersama TNI Lakukan Percepatan Tanam Padi Musim Kemarau 2017 - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Rabu, 24 Mei 2017

DPKP Kab. Tuban Bersama TNI Lakukan Percepatan Tanam Padi Musim Kemarau 2017

0 Viewers

Berita Rakyat Tuban - Puncak musim panen telah berlalu, meskipun beberapa wilayah masih melaksanakannya. Kini saatnya tanam padi digalakkan agar produktifitas gabah bisa ditingkatkan menuju swasembada beras. Untuk itu, Pemkab Tuban melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bersama TNI langsung melaksanakan gerakan percepatan tanam padi di berbagai wilayah.

Percapatan tanam padi dilaksanakan di masing-masing kecamatan oleh UPT Pertanian. Salah satunya di Kecamatan Widang Selasa (23/5/2017) dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Tuban, Murtadji, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0811/Tuban, Kapten Kav Suwito danunsur Muspika Kecamatan Widang.

Pada hari itu, gerakan penanaman padi dilaksanakan serentak di lahan seluas 50 hektar di Desa Compreng dan 75 hektar di desa Sumberejo. Kepala DPKP bersama Pasiter dan Muspika setempat turun langsung ke tengah sawah milik Gabungan Kelompok Tani “Lohjinawe” untuk menanam padi secara manual. Mereka bersatu dengan petani untuk melakukan percepatan tanam padi pasca panen pertama di tahun 2017.


“Langkah tersebut untuk mencapai target luasan tanam padi dalam rangka peningkatkan produksi. Bagi yang sudah panen pada bulan ini, disarankan untuk bisa tanam lagi, walaupun telah memasuki musim kemarau, nanti pengairan bisa dibantu dengan mesin pompa air, ” ujar Kepala DPKP Tuban, Murtadji.

Menurutnya, percepatan tanam kali ini menggunakan sistem tanam jajar legowo untuk meningkatkan hasil pertanian yang maksimal. Hingga saat ini sudah hampir 100 persen lahan yang sudah panen. Dan sebagian besar sudah melakukan tanam lagi. “Luas lahan yang dilakukan tanam kembali cukup banyak, dan itu menggembirakan sehingga petani jangan ragu untuk melakukan tanam lagi,” tandasnya.

Dalam kesempatan sama, Pasiter Kodim 0811/Tuban, Kapten Kav Suwito menambahkan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Untuk itu, dia meminta kepada para petani untuk dapat menanam padi dengan maksimal, sehingga dapat mendukung program swasembada pangan Pemerintah. “Tanam dengan baik, beri pupuk, ikuti arahan dari penyuluh, supaya memperoleh hasil yang maksimal,” ujarnya kepada para petani.

Sementara, Sumarso, salah seorang petani yang juga Ketua Kelompok Tani Lohjinawe, Kecamatan Widang mengatakan, para petani memang sudah melakukan percepatan olah tanam selepas panen, karena pertimbangan pengairan yang lancar walaupun musim hujan telah berakhir. "Mayoritas petani di wilayah kami sudah langsung menanam padi,walaupun kemarau, pengairan masih bisa dilakukan dengan mengambil air bengawan solo dengan pompa air," terangnya. (Pen/At)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad