Ciptakan Suasana Kondusif, 3 Pilar Dan Ormas Di Tuban Gelar Apel Sinergitas - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Sabtu, 20 Mei 2017

Ciptakan Suasana Kondusif, 3 Pilar Dan Ormas Di Tuban Gelar Apel Sinergitas

0 Viewers

Berita Rakyat Tuban -  3 (Tiga) Pilar di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, yakni (Koramil, Polsek dan Kecamatan Senori) bersama sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) berjumlah kurang lebih 200 orang melakukan ikrar demi menciptakan suasan kondusif di wilayah kecamatan setempat.

Ikrar tersebut dilakukan di halaman Markas Kepolisian (Mapolsek) Senori yang dihadiri berbagai Ormas dari perguruan pencak silat. Seperti, Ansor-Banser, Pagar Nusa, Marguluyu, IKSPI, PSHT dan Satuan Karya (Saka) Pramuka. Bersama 3 pilar, Ormas itu berkomitmen dan siap menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban, terlebih menjelang bulan suci ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Sebelum melakukan ikrar ratusan anggota ormas pendekar melakukan apel terlebih dahulu. Usai pembacaan ikrar kemudian perwakilan ketiga pilar (TNI, Polri, pemerintah kecamatan) diarak menggunakan gerobak atau pedati sejauh 500 meter. 

"Ini sebagai bentuk sinergitas menjaga keamanan dan keutuhan dalam kebhinekaan,"kata Kapolsek Senori, AKP. Ahmad Kusrin.


Menurutnya, membangun suasana kondusif harus melibatkan Ormas maupun perguruan pencak silat. Adanya dukungan ini pemerintah optimis bisa menciptakan kondisi aman dan tertib selama ramadhan. Sebab, selama ini berkat dukungan Ormas dan perguruan pencak silat di wilayah Senori program-program pemerintahan dapat berjalan lancar, terutama dalam hal keamanaan.

"Kami percaya keberadaan Ormas dan perguruan pencak silat merupakan local wisdom yang masih tetap ada yang perlu dilestarikan. Untuk itu, mereka kami ajak berkomitmen menjaga keamanaan dan ketertiban di wilayah Senori."pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 0811/17 Senori, Kapten Inf Koliq Hasim mengungkapkan, ikrar tidak hanya sekedar komitmen dalam menjaga keamanaan dan ketertiban. Namun, juga mengajak Ormas maupun para pendekar agar menjaga NKRI. Jangan sampai bumi pertiwi Indonesia digerogoti oleh orang-orang yang memiliki pikiran radikal, sehingga ikrar ini sangat penting. 

"TNI siap melaksanakan perintah UUD 1945 pasal 34 tentang kedaulatan negara,"tegas Kholiq.

Terlihat usai apel, perwakilan pendekar dari beberapa perguruan, Ormas dan perkumpulan lain hadir berikrar menjaga kedamaian. Dengan baju kebesaran masing-masing, peserta ikrar bergandeng erat, seolah tanpa batas (Pen/M).

Tidak ada komentar:

Post Top Ad