Mengukur tingkat kesiapan Prajurit Tempur Yonif 511/DY Dengan Latnistisru - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

iklan dalam berita

Rabu, 26 April 2017

Mengukur tingkat kesiapan Prajurit Tempur Yonif 511/DY Dengan Latnistisru

0 Viewers
Foto: Prajurit Tempur Yonif 511/DY Yang Sedang Melaksanakan Latihan Tempur.

Berita Rakyat Blitar  - Dalam rangka memelihara mutu tempur setiap prajurit Yonif 511/DY, terutama satuan tingkat regu maka diperlukan penyelenggaraan latihan tehnis dan taktis tingkat regu (Latnistisru) yang efektif sehingga mencapai hasil yang berdaya guna dan optimal.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Latnistisru adalah latihan pembinaan kemampuan tingkat regu yang harus dilatihkan oleh masing-masing komandan regu, yang diaplikasikan di medan sebenarnya. Latihan tersebut bertujuan guna meningkatkan kemampuan masing-masing regu, sehingga seorang Danru benar-benar mengetahui secara pasti pengetahuan dan ketrampilan perorangan di dalam regunya.

Dengan demikian, diharapkan mereka dapat melaksanakan tugas sesuai fungsi dan pangkat serta jabatan, agar dapat dibina dan ditingkatkan kemampuan perorangannya. Latnistisru dilaksanakan di Perkebunan Kruwuk Kec. Gandusari Kab. Blitar selama dua hari. Latnistisruyang diikuti prajurit Yonif 511/DY terdiri dari Kompi Senapan A, Kompi Senapan B, Kompi Senapan C dan Kompi Bantuan serta Kompi Markas sebagai pendukung kegiatan. Materi latihan Purpa, Gap Gopoh, Dang Gopoh, Matbar dan Gap Mukim.

Danyonif 511/DY Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos, disela-sela memimpin jalannya latihan menjelaskan kepada wartawan, “Latnistisru ini dilaksanakan memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kesiapan tempur khususnya Regu Senapan, dalam rangka program latihan dari Komando Atas khususnya bidang teknis dan taktik bertempur, kerja sama dan kepemimpinan lapangan.” Jelasnya.

“Dengan pelaksanaan Latnistisru, prajurit Yonif 511/DY harus bisa melaksanakan dengan semaksimal mungkin sehingga apabila di hadapkan pada kejadian yang sebenarnya kita harus bisa mengatasi dan menguasai serta merebut daerah kekuasaan musuh “ ujar Danyonif 511/DY.

Dalam kesempatan ini, Danyonif 511/DY memberikan penekanan kepada setiap prajurit agar menguasai setiap materi baik dari segi teknis maupun taktik. Latihan yang kita laksanakan itu dengan bertahap bertingkat dan berlanjut, itulah tujuan dan sasaran dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan kita. Mulai dari tingkat regu, tingkat peleton, tingkat kompi. Serta diharapkan tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai sebagai mana program yang telah direncanakan oleh Komando Atas. 

Diharapkan kepada para pelatih dan pendukung melaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan kepada para pelaku di harapkan melaksanakan latihan ini dengan baik karena latihan adalah kesejahteraan bagi prajurit selaku kekuatan utama Bangsa dan Negara, kita selaku prajurit mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk bisa mengatasi hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti pihak-pihak yang akan memisahkan diri dari NKRI (At/pen).

Post Top Ad