Pantauan Berita Rakyat, Aksi Damai 313 Jakarta Berjalan Aman - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

April 01, 2017

Pantauan Berita Rakyat, Aksi Damai 313 Jakarta Berjalan Aman

0 Viewers
Foto; Sejumlah Masa Aksi Damai 313 di Jakarta, Sekitaran Gedung Parlemen MPR/DPR RI.

Berita Rakyat Jakarta – Sejumlah anggota Polisi menjaga ketat akses seluruh pintu masuk kompleks parlemen MPR/DPR RI untuk antisipasi unjuk rasa 313, dari pantauan berita rakyat, Jumat (31/03/2017). Terlihat di pintu masuk utama kompleks DPR yang ditutup total dengan menggunakan pembatas beton. Kali ini dalam aksi damai 313, suara terdengar baca'an sebuah deklarasi yang dilakukan di simpang Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Di tengah orasi tersebut, massa diajak mendeklarasikan poin tuntutan demo sebagai berikut
Poin yang dideklarasikan ada lima, yaitu:
1. Stop kriminalisasi dan dan makarisasi ulama.
2. Copot Ahok sesuai UU No 23 Tahun 2014.
3. Penjarakan si penista agama sesuai KUHP Pasal 156H.
4. Jangan dibatalkan Perda Syariah di seluruh Indonesia.
5. Lepaskan KH Muhammad Al-Khaththath sekarang juga.
Deklarasi dibaca dan disampaikan oleh orator, secara berulang-ulang  bersama-sama massa yang hadir di aksi 313 tersebut. Pada setiap akhir poin diakhiri takbir secara serentak oleh pengunjuk rasa.  Perwakilan massa aksi 313, yakni Amien Rais, Ketua Parmusi Osamah Hisyam, dan anggota FUI Ustaz Sambo, telah menemui Menkopolhukam Wiranto. Dalam pertemuan tersebut telah disampaikan poin-poin aspirasi dari aksi kali ini.
ditempat yang sama, Wiranto berjanji akan menyampaikan hal ini kepada Presiden Joko Widodo sehingga massa di himbau percaya kepadanya sebagai wakil resmi yang ditunjuk Presiden. "Saya representasi resmi kepada pemerintah. Pasti sampai kepada Presiden apa yang disampaikan. Dan Alhamdulillah mereka percaya pada saya," ucapnya saat konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam. 
Dalam aksi ini, terlihat sejumlah tamu parlemen terlihat harus membuka pintu mobil dan menunjukkan tanda pengenal untuk bisa memasuki kompleks DPR.
Beberapa titik pada ruas jalan di sekitar kompleks parlemen, antara lain Jalan Gatot Subroto, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Gelora dan Gerbang Pemuda, dijaga ketat.

Kendaraan meriam air dan barracuda terparkir di halaman kompleks parlemen dan di beberapa ruas jalan sekitaran Kompel gedung DPR/MPR. dan anggota polisi baik yang berseragam maupun yang berpakaian sipil tetap berjaga di mulut gerbang gedung DPR/MPR.
Adapun suasana lalulintas di sekitar lokasi terpantau padat didominasi kendaraan pribadi menjelang jam pulang karyawan dan warga Jakarta (red*).

Post Top Ad