Ini Cara Kapolres Sumenep Atasi Berita Hoax - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 26, 2017

Ini Cara Kapolres Sumenep Atasi Berita Hoax

0 Viewers
Foto: Kapolres Sumenep Tunjukan Cara Atasi Berita Hoax.

Berita Rakyat Sumenep – Seorang pemuda di amankan polisi lantaran menyebarkan atau mengunggah sebuah video ke media sosial yang dianggap dapat  memicuh keresahan masyarakat, sebut saja AM, (30). Warga Kelurahan Bangselok, Kec. Kota, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pemuda tersebut diamankan dimapolres setempat, setelah membagikan sebuah video seorang wanita yang dilukai lehernya di media sosial (medsos) melalui Facebook.

Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora, SIK., M.Si., mengatakan bahwa AM diamankan karena diduga menyebarkan informasi hoax kepada orang banyak. “Kami amankan AM, karena dinilai memberikan sebuah informasi hoax berupa video yang suaranya diisi dengan bahasa Madura, padahal video tersebut adalah dari luar,” terang kapolres, Jumat (24/3).


AKBP H. Joseph Ananta Pinora menambahkan kepada berita rakyat, tersangka mengaku mendapatkan video tersebut dari di dinding akun FB milik akun bernama Andre Bohay. Karena berniat mengingatkan teman-teman medsosnya agar lebih waspada, Ia lalu membagikan video tersebut ke salah satu group FB.

“Pengakuan AM, tujuan share video tersebut untuk mengingatkan rekan-rekannya di group FB itu. Akan tetapi dalam postinganya itu mendapat berbagai tanggapan dari para anggota di grup tersebut, sehingga dikhawatirkan menimbulkan keresahan yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat,”  (24/03). Imbuh Pinora.

Akibat tindakan pemuda tersebut  pihaknya masih memberikan toleransi, dengan memberikan toleransi. Namun jika tetap diulangi, maka pihaknya tidak segan-segan menerapkan undang-undang ITE.  “Kami hanya memberikan pembinaan saja, akan tetapi jika yang bersangkutan mengulangi perbuatannya lagi akan langsung dijerat Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik,” Tegas mantan Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya (AT).

Tidak ada komentar:

Post Top Ad