Dugaan Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Keputran, Sejumlah Anggota GPD Datangi Kejaksaan Surabaya - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Maret 29, 2017

Dugaan Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Keputran, Sejumlah Anggota GPD Datangi Kejaksaan Surabaya

0 Viewers
Foto: Sejumlah Anggota GPD  Surabaya Datangi Kejaksaan Negeri Surabaya.

Berita Rakyat Surabaya – Sejumlah anggota yang mengatasnamakan Gerakan Putra Daerah (GPD) wilayah Surabaya, mendatangi Kaejaksaan Negeri Surabaya pada, Rabu (29/03). Mereka melaporkan dan menyerahkan sebuah berkas berupa sejumlah temuan data penyimpangan yang diduga dilakukan oleh pihak PD Pasar Surya ke pihak kejaksaan Negeri Surabaya yang berkantor di jl. Sukomanunggal Surabaya.

Diketahui bahwa Revitalisasi Pasar Keputran Utara, dengan dana APBD tahun 2016, dilelangkan bulan Oktober 2017, diikuti 39 peserta dari berbagai perusahaan. Satuan Kerja Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, memilih pemenang CV Inter Nusa Konstruksi yang menawar Rp. 1.562.587.332 dari nilai HPS 1.726.238.000. 

Menurut Direktur Bidang Hukum GPD, Okky F. S, SH. Dari pantauan Gerakan Putra Daerah (GPD) wilayah Surabaya, saat di temui berita rakyat dikejaksaan Negeri Surabaya dirinya menjelaskan. “Proyek senilai Rp. 1.562.587.332, yang digarap CV Inter Nusa Konstruksi selain lambat dikerjakan, juga tidak maksimal. Meski dalam kondisi tidak dikerjakan sepenuhnya, saat ini proyek sudah ditempati para pedagang,”Ungkapnya Okky.


Okky juga menambahkan bahwa, temuan GPD dilapangan bangunan yang belum dikerjakan sepenuhnya (Bill Of Quantity) diantaranya, pekerjaan kolom belum selesai, pekerjaan balok banyak yang keropos dan pekerjaan plat lantai, sebagain belum terselesaikan. Serta pada urugan, dan pengecoran juga tidak sesuai spesifikasi pekerjaan, tambahnya.

Temuan lain yang belum dikerjakaan dalam Bill Of Quantity yakni, pekerjaan plesteran seluas 357.88 meter persegi. Pekerjaan acian seluas 1,431.71 meter persegi. Pekerjaan benangan seluas 1001,00.00 meter persegi. Pekerjaan keramik lantai, ukuran 40x40 drop of lantai dua seluas 26.40 meter persegi, pekerjaan railing utama area parker 70.00 meter. Perkejaan railing ram 23.76 meter. Pekerjaan devider ram, 26.88 meter dan pekerjaan floor drain 15.


“Bahwa dugaan penyimpangan tersebut, paket Revitalisasi Pasar Keputran Utara senilai Rp. 1.562.587.332 hanya diserap sebagian. Akibatnya, negara mengalami kerugian kurang lebihnya Rp 500 juta.” Jelas  Okky.

Saat dikonfirmasi kepada pihak Kejaksaan Negeri Surabaya melalui Jaksa Fungsional Pidana Khusus (Pidsus) , menerangkan kepada berita rakyat. "Laporan Tetap akan kami terima, dan yang jelas kami pelajari dulu semua berkas yang kami terima dan  akan kita sampaikan ke pimpinan," ujar Jolfis, Rabu (29/3/2017).

Dengan begitu,  Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya sebagai penegak hukum dapat menjerat oknum pegawai Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, yang memilih pemenang CV Inter Nusa Konstruksi dapat dijerat dengan UU RI No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (AT).


Tidak ada komentar:

Post Top Ad