SMKN 5 Gowa Jalin Kerjasama Dengan PT Kharisma Sentosa Daihatsu Menggelar Workshop - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

September 21, 2021

SMKN 5 Gowa Jalin Kerjasama Dengan PT Kharisma Sentosa Daihatsu Menggelar Workshop

0 Viewers

Berita Rakyat, Gowa (SulSel). Workshop implementasi link and match kemitraan SMK Negeri 5 Gowa dengan PT. Kharisma Sentosa (Daihatsu) sebagai sekolah binaan BBPPMPV-BOE Malang berlangsung 21 September s/d 18 November 2021.

Mewakili Kadisdik SulSel, kegiatan impelementasi link and macth antara SMKN 5 Gowa dengan PT. Kharisma Sentosa (Daihatsu) di buka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Fitri Utami S.IP, MH.

Dalam pemaparan materi, Fitri Utami mempertegas tentang kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, diruang pertemuan SMK 5 Gowa. Senin, (21/9/2021). 

Menurutnya, bahwa dalam pengembangan vokasi di Sulsel, maka tantangan SMK kedepan selain memenuhi 8 standar pendidikan, SMK juga harus mampu melaksanakan link and super macth dengan industri yang lebih dikenal dengan 8+i yaitu kurikulum disusun bersama dengan industri, pembelajaran berbasis projek riil, guru tamu dari industri minimal 50 jam persemester, magang atau PKL di industri, sertifikasi kompetensi siswa yang sesuai dengan industri, magang guru di industri, pelaksanaan teaching factory, serapan lulusan oleh iduka dan kerja sama dalam bentuk donasi serta beasiswa.


Olehnya itu, kata Fitri Utami, apa yang dilakukan SMKN 5 Gowa hari ini dengan melakukan workshop penyelarasan kurikulum dengan Daihatsu sudah sangat sesuai dengan program yang dianjurkan oleh Dirjen Vokasi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. 

"Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh SMKN 5 Gowa ini," ucap Fitri utami diiringi tepuk meriah peserta workshop.


Sementara itu, Kepsek SMKN 5 Gowa Drs. Muh. Yusuf dalam laporannya menyampaikan bahwa SMKN 5 Gowa adalah salah satu sekolah dari 34  sekolah dari 11 provinsi di seluruh Indonesia yang menjadi sekolah binaan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang yang sasarannya adalah melaksanakan Implementasi Link and Match meliputi 7 kegiatan workshop yaitu : 
1. Workshop Penyelarasan Kurikulum. 
2. Workshop Penyusunan Program Pembelajaran. 
3. Workshop Penyusunan Bahan Ajar. 
4. Workshop Penyusunan Program PKL. 
5. Workshop Penyusunan Program Sertifikasi Kompetensi Siswa. 
6. Workshop Penyusunan Program Magang Guru Bersertifikat. 
7. Workshop Pelaksanaan Komitmen Iduka untuk Rekrutmen dan Penyaluran Lulusan.


"Pelaksanaan workshop tersebut akan berlangsung sampai dengan bulan November 2021. Pesertanya dari semua ketua program keahlian dan guru produktif dengan narasumber dari Daihatsu," kata Drs Muh. Yusuf menutup pembicaraan.**

Penulis : AsdarBtopSs
Editor : Izzack 

Post Top Ad