Aneka Kegiatan Digelar Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-74 Yonif 509 Kostrad Balawara Yuda - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

September 11, 2021

Aneka Kegiatan Digelar Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-74 Yonif 509 Kostrad Balawara Yuda

0 Viewers
Berita Rakyat, Jember. Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Yonif Raider 509 Kostrad Balawara Yuda yang akan digelar pada tanggal (17/9/2021), Batalyon Infantri Raider 509 Kostrad Balawara Yuda menggelar beberapa agenda kegiatan. Diantaranya melaksanakan sunatan/khitanan massal, Sabtu (11/9/2021) di Markas Komando Batalyon 509 Sumbersari Jember.
Hal itu disampaikan Komandan Yonif Raider 509 Kostrad Balawara Yuda, Letkol Inf Syafrinaldi saat pelaksanaan khitanan massal  Sabtu, (11/9/2021). Di lingkungan Asrama 509.

"Rangkaian HUT ke-74 Yonif 509, kami memang memiliki beberapa agenda kegiatan, kali ini kami awali dengan melaksanakan khitanan massal, selanjutnya nanti pada hari Senin lusa, kami melaksanakan penyuluhan hukum dan pembinaan mental dari Kostrad. Selasa besok lusa, kami akan memberikan santunan pada yayasan Yatim piatu," ungkapnya.

Menurutnya, tidak hanya itu saja, tapi masih banyak kegiatan lainnya. Semisal tabur bunga di TMP Patrang, selanjutnya ke Ambulu dan terus Pagar gunung. 
Kenapa ke Pagar Gunung? Karena sejarah Yonif 509 berasal dari Pagar Gunung dan sebelumnya lagi masih bernama Batalyon Gorila. Kalau di internal kami masih ada kegiatan Militer dan umum. 

"Ada perlombaan tembak bagi militer, kalau umum semisal bola volley, sepak bola, renang, sepeda dan lain sebagainya," beber Syafrinaldi.

Masih menurutnya, kenapa kita tak melibatkan warga umum setempat, karena suasana masih pandemi dan masih level 2. Sehingga kami hanya melaksanakan kegiatan internal saja di lingkungan Batalyon 509.

"Termasuk seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-74 Batalyon 509 Kostrad ini, nanti tanggal (17/9/2021), akan ditutup dengan menggelar tasyakuran bersama keluarga besar internal Batalyon 509 ini," jelasnya.

Safrinaldi juga mengatakan bahwa sejak dirinya bertugas di 509, dia senantiasa menghimbau kepada seluruh anggota agar lebih profesional di bidangnya, seperti fisik, olahraga, tehnik dan taktik sesuai tupoksi. Termasuk bidang tempur dan lainnya. Karena tidak lama lagi, 509 akan bertugas ke Papua. 

"Tahun 2023 Batalyon 509 ini akan tugas ke Papua, jadi bagaimana berkumpul dengan warga setempat, cara menghadapi separatis, semua kita pelajari dan bagaimana menghadapi warga Papua semua itu," tegasnya.

Pantauan dilapangan saat acara khitanan massal, tampak Danyonif Letkol Inf Syafrinaldi bersama istri menyaksikan langsung bagaimana jalannya khitanan massal tersebut. Bahkan tampak antri anak-anak yang akan dikhitan, sambil didampingi orang tua masing- masing. 

Penulis : ROL 
Editor : Izzack 

Post Top Ad