Sisir Pegunungan dengan Motor Trail, Kapolres Pasuruan Serahkan Bansos PPKM Level 3 Warga Karangjati Lumbang - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Agustus 12, 2021

Sisir Pegunungan dengan Motor Trail, Kapolres Pasuruan Serahkan Bansos PPKM Level 3 Warga Karangjati Lumbang

0 Viewers
Berita Rakyat, Surabaya.  Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si  bersama Kapolsek Lumbang  AKP Nanang Abidin, S.H,  berjalan kaki mendatangi rumah warga untuk menyerahkan bansos.

Raut gembira terpancar di wajah warga Dukuh Jatisari, Desa Karangjati, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Mereka menyambut kedatangan Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz untuk memberi bantuan sosial (bansos yang berisikan Minyak, Mie goreng,  Beras  dan dan Telor  /, Kamis (12/8/2021).

Kedatangan Kapolres ke wilayah pelosok di lereng pegunungan ini menjadi kejutan tersendiri bagi warga yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama pandemic, lantaran mereka tinggal di daerah terpencil.

"Bansos ini dilakukan sesuai arahan dari Pak Kapolri untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan kepada warga terdampak PPKM darurat khususnya di daerah terpencil yang sulit dijangkau," kata Kapolres.

Turut mendampingi kegiatan Bansos kali ini Muspika Kec. Lumbang, Kasat Sabhara, Intel, Lantas, Kasubbag Humas, Sarpras dan Anggota TNI- Polri lainnya Pandemi ini, lanjutnya, membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan. Meskipun sisanya juga ada yang masih bekerja namun penghasilannya menurun drastis akibat PPKM Darurat. 


"Warga mendapat bansos kemanusiaan terdiri beragam profesi. Ada dari petani, penyandang disabilitas, hingga warga yang kehilangan pekerjaan," imbuh Kapolres.

Sementara, Kapolsek Lumbang, AKP Nanang Abidin, menambahkan Jatisari pelosok yang menjadi tujuan untuk penyaluran bansos tersebut merupakan hasil pemetaan para babinsa dan Babinkantibmas yang sudah mengetahui medan wilayahnya. 

"Warga di wilayah Desa Karangjati ini sekitar 40% bekerja di perantauan, sisanya berladang menanam palawija dan bertani. Jika dilihat dari tingkat sebaran corona, wilayah disini masuk zona hijau,” jelasnya.
 
Menurutnya, diawal virus merebak dan pemerintah mulai memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat, Kapolsek mengaku perlu waktu lama untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.

"Kasus corona di wilayah ini, mayoritas dibawa oleh para perantau ketika pulang kampung. Namun begitu, saat ini kesadaran warga untuk taat prokes sudah mulai muncul," ungkapnya.

Sekadar referensi, untuk menjangkau pemukiman warga di Dukuh Jatisari  ini, mobil rombongan Kapolres tidak bisa leluasa langsung menuju lokasi. Agar sampai di rumah warga penerima bansos, Kapolres dan Rombongan harus Menggunakan Motor Trail untuk menelusuri jalan Makadam berbatuan dan Pematang sawah agar bisa sampai lokasi.


Penulis : Samsul
Editor  : Kukuh

Post Top Ad