Didampingi Camat Dan Kapolsek Kajari Bantaeng Lakukan Sosialisasi Program Vaksinasi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

August 24, 2021

Didampingi Camat Dan Kapolsek Kajari Bantaeng Lakukan Sosialisasi Program Vaksinasi

0 Viewers

Berita Rakyat, Bantaeng (SulSel). 
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bantaeng yang diberikan amanah sebagai Penanggung Jawab Wilayah Kecamatan Eremerasa dan Kecamatan Bissappu untuk percepatan Program Nasional Vaksinasi di Kabupaten Bantaeng, lakukan Sosialisasi dihadapan 8 (delapan) Kepala Desa dalam wilayah Kecamatan Eremerasa dan Kepala Puskesmas Ulugalung yang berlokasi di Aula Kantor Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng. Senin, 23 Agustus 2021. 



Dalam uraian kata sambutannya, Dedyng Wibianto Atabay SH, MH mengatakan bahwa tantangan terbesar bagi sosialisasi dan edukasi untuk percepatan vaksinasi ini adalah mengendalikan penyebaran hoaks dan misinformasi terkait Vaksin dan Covid-19.



"Kendala terbesar saat ini untuk percepatan program nasional vaksinasi adalah misinformasi dan hoaks yang sering muncul terkait vaksin," ungkapnya dihadapan peserta sosialisasi. 

"Sejalan dengan informasi yang kita berikan tentang pentingnya vaksin ini, hoaks dan misinformasi juga semakin banyak," kata Dedyng. 

Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng ini juga mengatakan bahwa hoaks dan misinformasi muncul secara timbul-tenggelam. Menurutnya, ini adalah tantangan utama dan penting bagi masyarakat untuk lebih jeli dalam menerima hingga menyebarkan sebuah informasi tentang vaksin.

"Saya mengajak kepada seluruh Kepala Desa yang hadir disini untuk senantiasa memberikan pemahaman atau edukasi yang baik tentang vaksin dan kegunaannya kepada masyarakat," kata dia.

Dedyng melanjutkan, hoaks yang paling banyak beredar terkait vaksinasi adalah mengenai efek samping setelah di vaksin.  

"Kalau hoaks dan misinformasi terkait Covid-19, banyak sekali, terutama soal setelah vaksinasi," imbuhnya.

Hoaks dan informasi salah tersebut, lanjut kata Dedyng, dapat menciptakan keraguan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. 
"Ini membuat masyarakat jadi ragu melakukan vaksin, karena edukasi dan sosialisasi yang kurang dan masyarakat tidak tahu harus bertanya ke mana," katanya. 


Didampingi Camat Eremerasa, H. Suyadi M. S.Sos dan Kapolsek Eremerasa, IPTU Amiruddin Conde, Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng terlihat sangat serius memberikan arahan dalam sosialisasi tersebut. 

"Di Kabupaten Bantaeng ini, saya lihat grafiknya, untuk nakes dan petugas atau pelayan publik itu sudah sekitar 90an % telah melakukan vaksin dosis 1 dan dosis 2. Sementara untuk masyarakat umum masih di angka 5000an atau baru sekitar 5,5 % yang telah melakukan vaksin untuk dosis 1 dan dosis 2," jelas Dedyng. 

"Ini masih jauh dari target kita mencapai herd immunity," tegasnya. 

"Sebagai pertimbangan, saya usulkan untuk kedepannya, pelaksanaan vaksin ini jika memungkinkan dilakukan ke 10 peserta vaksin dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah mereka," bebernya. 

"Kasian liat peserta vaksin yang sudah menunggu sejak pagi untuk di vaksin namun terlambat melakukan vaksin dikarenakan waktu yang terbatas," ujarnya. 

Diketahuinya untuk pelaksanaan vaksin massal diberbagai lokasi ini berlangsung dari jam 09:00 wita hingga jam 12:00 wita. 

"Olehnya itu, untuk efisiensi waktu pelaksanaan vaksinasi dan mempercepat target, saya rasa dengan sistem vaksinasi diadakan langsung di rumah peserta mungkin lebih baik," harapnya. 

Untuk selanjutnya, saya menghimbau kepada Kepala Desa yang hadir disini untuk senantiasa memberikan edukasi tentang vaksin dan mengupayakan kesadaran warganya untuk mau melakukan vaksin. 


Ditempat yang sama, Kapolsek Eremerasa juga menegaskan bahwa dibutuhkan kerja ekstra dari kita semua yang ada di Kecamatan Eremerasa ini untuk memberikan edukasi dan mengajak warganya agar mau melakukan vaksin. 

Sementara itu, Camat Eremerasa, H. Suyadi M. S.Sos MM juga menyampaikan agar setelah sosialisasi ini, kita semua langsung bekerja untuk mengedukasi dan mengajak warga agar mau melakukan vaksin. 


"Saya berharap di Kecamatan Eremerasa ini jika memungkinkan dari zona kuning bisa kembali ke zona hijau," pintanya. 

"Untuk mewujudkan itu, kerjasama lebih ditingkatkan dalam mengajak warga untuk mau di vaksin dan mengedukasi warga tentang pola hidup sehat setelah melakukan vaksin," tegasnya. 

Menutup kegiatan Sosialisasi Vaksinasi di Kantor Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng ini, Camat Eremerasa, H. Suyadi M. S.Sos mengucapkan terima kasihnya kepada : 
Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng. 
Kapolsek Eremerasa. 
Kepala Desa di wilayah Kecamatan Eremerasa. 
Kepala Puskesmas Ulugalung dan stafnya. 

Ditemui di salah satu ruangan di Kantor Kecamatan Eremerasa dan mempertanyakan Kepala Desa yang tidak hadir di kegiatan sosialisasi ini, salah satu staf di Kantor Kecamatan Eremerasa tersebut menyampaikan kepada Berita-Rakyat.co.id bahwa ada satu Kepala Desa tidak sempat hadir dikarenakan bersamaan waktunya antara Sosialisasi dan kegiatan Vaksin Massal di Kantor Desanya. 


Penulis : Izzack 

Post Top Ad