Polda Jatim Berantas 67 Pelaku Premanisme & Calo - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

June 14, 2021

Polda Jatim Berantas 67 Pelaku Premanisme & Calo

0 Viewers
Foto : Kabid Humas Polda Jatim saat menunjukkan barang bukti dan pelaku premanisme

BeritaRakyat,Surabaya.Pemberantasan aksi premanisme dan pungutan liar (pungli) yang dilakukan Mapolda Jatim membuat orang yang terlibat di kawasan tersebut resah. 

Bahkan, pemberantasan dua kasus premanisme dan calo lantaran banyaknya warga dan sopir yang mengeluh akan ulah orang yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Perintah sikat preman itu dikeluarkan setelah Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkan kepada Kapolri, agar menindaklanjuti keluhan para sopir kontainer yang sering dipalak oleh preman.

Maka guna menindaklanjuti serta meneruskan perintah tersebut, Mapolda Jatim melalui Ditreskrimum bersama Satreskrim Polres Jajaran, telah berhasil meringkus sebanyak 67 pelaku pemalak serta Calo.

Dalam pemaparannya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot menjelaskan, mereka ditangkap ditempat yang berbeda. Bahkan untuk kasusnya juga bervariasi.

"Untuk para preman ini adalah mereka memaksa kepada sejumlah sopir kontainer dan sopir bus agar menyerahkan uang kepada mereka," tutur Kabid Humas (14/6).

Kabid Humas melanjutkan, bahkan tidak hanya disitu, ada sejumlah calo yang juga diamankan di beberapa terminal.

"Para calo ini memanfaatkan fasilitas tiket dengan menjual kembali kepada calon para penumpang. Bahkan tak tanggung-tanggung mereka menjual kembali dengan harga 4 kali lipat dari harga normal," imbuhnya.

Dari hasil operasi sikat preman ini, Mapolda Jatim berhasil mendapatkan sejumlah barang bukti uang tunai senilai 9.567.000, 69 bendel kertas karcis pungli, dan beberapa bukti lainya yang terkait.

Guna memberikan efek jera terhadap para pelaku, mereka dijerat dengan pasal 49 Jo pasal 17 Perda Jatim No.2 tahun 2020 dengan ancaman hukuman 3 bulan atau denda 50 juta rupiah.

Penulis : Kukuh

Post Top Ad