Tradisi "ONTALAN" Di Jember Sangat Sepi Akibat Pandemi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

May 15, 2021

Tradisi "ONTALAN" Di Jember Sangat Sepi Akibat Pandemi

0 Viewers
Tradisi "ONTALAN" Di Jember Sangat Sepi Akibat Pandemi







Berita Rakyat, Jember (Jawa Timur). 
Setiap tahun pada hari Raya Idul Fitri tradisi Ontalan( Memberi uang kepada anak anak , Red) memberi uang kepada anak anak adalah sebuah tradisi turun temurun. Bahkan tradisi ini telah berjalan sejak ratusan tahun silam. Untuk tahun ini tradisi Ontalan tak seperti biasanya, Namun untuk hari Raya Fitri kali ini tak seramai tahun tahun sebelumnya.

Hal tersebut tampak dalam pantauan media ini bahwa suasana masih pandemi covid sehingga masyarakat yang Anjang sana juga tampak kelihatan sepi. Sehingga juga berdampak kepada khususnya anak anak kecil yang ikut orang tuanya anjangsana kepada saudara dan kerabat dekat maupun jauh.

Seperti yang telah dituturkan Kirana(12) warga Patrang yang biasanya setiap tahun mendapat 250- 300 ribu namun untuk tahun ini masih mendapat 100 ribu saja hingga Sabtu 15/5/2021. Mungkin karena suasana masih pandemi sehingga banyak masyarakat berkurang penghasilannya .
"Tapi Alhamdulillah masih ada rejeki dari kerabat kerabat yang ada di Mangli, Gebang, Semboro dan Sukowono, bahkan juga ada yang dari tetangga dekat." tuturnya.

Masih menurutnya, memang untuk hari Raya Idul Fitri 1442 H ini sangat terasa sekali. Bahkan banyak warga yang kurang melakukan silaturahmi kepada saudara yang lain. Ini akibat dampak pandemi yang telah berkepanjangan dan lebih dari 1 tahun lamanya dirasakan masyarakat.

Hal senada juga sama disampaikan salah satu warga Gebang Poreng, sebut saja Sri Wahyuningsi ibu rumah tangga. Biasanya suasana hari Raya Fitri ini tak seperti tahun ini. Biasanya tampak dijalan jalan ramai orang bersama keluarga silaturahmi ke saudara dan kerabatnya.Namun untuk tahun ini sangat sepi sekali.

"Mungkin akibat adanya pembatasan berkumpul dari Pemerintah sehingga sangat terasa sekali sepi, selain itu juga himbauan Pemerintah juga baik karena selain itu untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19." tandasnya. 




Dia menambahkan, akibat pandemi yang cukup lama memang sempat melumpuhkan seluruh sektor kehidupan termasuk masalah ekonomi. Bahkan semua ini sangat mempengaruhi semuanya termasuk yang berkaitan dengan istilah Madura " Ontalan".

Pantauan media ini hingga H +3 Idul Fitri jalan jalan di Jember sepi tidak seperti tahun tahun sebelumnya banyak masyarakat dengan keluarganya melaksanakan Anjang sana ke saudara dan kerabat. 

Penulis : Roll 
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Post Top Ad