Pemerintah Kabupaten Jember Akan Jalin Kerjasama Dengan Mitra Tani 27 - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

May 08, 2021

Pemerintah Kabupaten Jember Akan Jalin Kerjasama Dengan Mitra Tani 27

0 Viewers






Berita Rakyat, Jember. Jum'at, (7/5/2021). Di pendopo Bupati Wahya Wibawa Graha digelar audensi antara Pemkab Jember dalam hal ini Bupati Hendy Siswanto yang juga didampingi bersama berapa OPD terkait, dengan Mitra Tani 27 Jember yang diwakili Direktur utama Untung Mulyono bersama jajaran internal dan para Manager. Setelah agenda itu akan ada pertemuan lagi selanjutnya untuk membahas MoU .

Perlu kita ketahui bahwa Mitra Tani 27 itu adalah perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan negara luar seperti Jepang. Selain itu Bahkan juga banyak menyerap tenaga kerja ribuan di Jember,  sedangkan menurut Bupati Jember angka pengangguran di Jember sangat tinggi sekali mencapai 300 ribu. Sehingga kedua institusi tersebut sangat ada korelasi sekali untuk menjalin kerjasama. Selain itu Pemkab telah menyiapkan lahan ratusan hektar apabila Mitra Tani mau mengembangkan sayapnya.

Bupati H. Hendy Siswanto usai acara kepada sejumlah media mengatakan, hari ini saya Hendy Siswanto bersama OPD dan Untung Mulyono Direktur Mitra Tani 27 bersama Direksi dan Manager akan menjalin kerjasama. Dimana Edamame ini telah menjadi ikon baru Jember selain tembakau. Ini sangat membanggakan kami karena Edamame telah mengexpor keluar negeri. Disamping itu telah mempekerjakan 10 ribu orang. Itu yang pertama.

"Yang kedua, Pemkab Jember akan membeck up semua kegiatan program Mitra Tani 27 agar lebih berkembang lagi. Semua kendala yang akan dilaksanakan Mitra Tani kita bantu. Mitra Tani ini telah menyerap tenaga kerja hampir 10 ribu ini sangat luar biasa sekali. Termasuk pemberdayaan petani ini adalah padat karya yang sangat luar biasa sekali." tandasnya.

Masih menurutnya, Pemkab akan tetap membeck up semua kebutuhan Mitra Tani, jadi kami akan jalin kerjasama termasuk aset tanah Pemkab, tanah kas desa yang cocok untuk tanam edamame, okra dan ketela, Selain itu ada tanah di Rembangan dan PDP bisa ditanami. Bahkan juga akan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi. Apalagi di Jember ini pengangguran sangat tinggi sekali.

"Mitra Tani 27 Jember ini adalah perusahaan besar di Indonesia, jadi Kerjasama ini akan kami laksanakan secepatnya agar pengangguran di Jember ini akan semakin berkurang lagi setelah adanya kerjasama antara Pemkab dan Mitra Tani 27 ini yang telah kita sepakati bersama 5 item." pungkasnya.




Sementara itu Direktur utama PT. Mitra Tani 27 Untung Mulyono menjelaskan, jadi petani itu tetap akan kami kawal dan kami perhatikan. Seperti pestisida dan benih itu ada pertanggung jawaban pada saat panen. Jadi benih dan pestisida itu sebagai persaratan perusahaan dan benihnya harus standart. 

"Mitra Tani 27 ini tak hanya kedelai edamame yang dikirim ke Jepang saja, namun juga menanam okra, ketela dan sebagainya. Selain itu juga menyerap tenaga kerja dengan ribuan orang di Jember." terangnya.

Lebih lanjut Untung menuturkan, terkait kerjasama yang akan kami lakukan dengan Pemkab ada 5 item yang telah kita sepakati dan selanjutnya nanti akan ada pertemuan lagi dengan menanda tangani MoU tersebut .

"Memang banyak aset tanah milik Pemkab di seluruh wilayah Jember yang bisa ditanami Mitra Tani, namun tinggal bagaimana kesepakatan bersama untuk mengembangkan Mitra Tani 27 ini. Karena ini juga nantinya akan menyangkut ribuan pengangguran yang mencapai 300 ribuan orang di Jember." tambahnya.




Pantauan media ini saat acara, undangan sebelum mulai tampak disuguhi lagu lagu religius, sehingga suasana betul betul terbawa dan merasakan suasana bulan suci Ramadhan . Bahkan para undangan mendengarkan lagu secara hikmat. Selanjutnya acara mulai dengan Direktur Untung Mulyono memberi paparan hingga selesai dan selanjutnya Bupati Hendy juga memberi paparan tentang kerjasama dengan Mitra Tani 27. 


Penulis : Rol. 
Baca juga:
https://www.berita-rakyat.co.id/?m=1

Post Top Ad