Dewan Desak Pabrik Plastik Di Pandaan Karyawan Segera Di Swab Masal - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 20 Oktober 2020

Dewan Desak Pabrik Plastik Di Pandaan Karyawan Segera Di Swab Masal

0 Viewers

Berita Rakyat, Pasuruan.  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan melakukan inspeksi mendadak di PT Berlina di Jalan Raya Pandaan-Bangil, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin (19/10/2020).
Para wakil rakyat ini mempertanyakan hasil rapid test 900 karyawan di pabrik kosmetik itu, yang dilaksanakan pada dua pekan yang lalu. Selama ini, perusahaan dinilai lamban dalam menangani karyawan yang reaktif.

“Ketika dilakukan rapid test dan mereka reaktif, tidak ada alasan harus langsung di swab, itu aturan. Kalau bertahap, dikumpulkan disuatu tempat dan tidak ada kegiatan,” kata Kasiman, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan.

Oleh karena itu, Kasiman meminta kepada perusahaan, agar rapid test ulang. Kalu tidak dilakukan, pihaknya akan meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) setempat mengrvaluasi perijinan, ditinjau ulang.

“Saya minta dirapid test ulang dari awal. Kemudian berapapun yang reaktif harus diswab. Kalau itu nanti ada yang positif corona, pemeribtah daerah yang ambil alih,” papar Kasiman.
Kalau perusahaan tidak nurut, ancam dia, maka perusahaan akan dilaporkan ke panitia khusus (pansus).

“Memang kita harus tegas khusus korona ini. Perusahaan patuh aturan kami support, kalau tidak patuh aturan kami tutup,” ujarnya.
Kepala Bidang Pengendalian dan 
Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Agus Eko Iswahyudi, memberikan saran kepada PT Berlina agar langsung melakukan swab kepada seluruh karyawan.
“Sesuai permenkes nomor 413 tahun 2020, swab yang valid, jadi semua harus swab,” tutur Eko.

Dikatakan Eko, setelah di-swab karyawan yang positif ditangani oleh Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan. Bagi karyawan yang dari luar Kabupaten Pasuruan diserahkan kepada satgas covid masing-masing daerah.

“Nanti yang positif biar kami yang tangani untuk warga kabupaten pasuruan, bagi yang dari luar, bisa kita surati satgas daerah masing-masing untuk ditangani,” tambahnya.



Penulis : Usman
Editor  : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad