Pengurus Harian Komunitas Pengawal Indonesia Kodam I/Bukit Barisan Periode 2020-2022 Resmi Dilantik - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 06 September 2020

Pengurus Harian Komunitas Pengawal Indonesia Kodam I/Bukit Barisan Periode 2020-2022 Resmi Dilantik

0 Viewers
Berita Rakyat, Medan.  Pengurus Harian Komunitas Pengawal Indonesia (Kopindo) Kodam I/Bukit Barisan masa bakti periode 2020 - 2022 resmi dilantik. Pelantikan yang ditandai dengan pemberian surat mandat atau surat keputusan oleh Ketua Umum Sugiarto kepada Ketua Harian Suryandi didampingi Sekretaris Harian Toni Sapta Raharja yang berlangsung di Kantor Media Center Kodam I/BB, Jalan Rotan Baru No.1 ABC, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sabtu (5/9/2020) malam.

Acara pelantikan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Ketua Umum Kopindo Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, “Kedepan kita akan bersinergi dengan semua instansi, agar kita nanti menampakkan diri kita, bukan hanya komunitas kumpul-kumpul, tapi apa yang bisa kita perbuat dimana kita berada. Apa fungsi dan kerja nyata yang akan kita lakukan di wilayah Kota/Kabupaten. Komunitas ini bukan hanya sebatas komunikasi, tetapi kita harus punya tujuan. Komunitas Pengawal Indonesia ini dilahirkan dengan rasa kebersamaan, disini ada dari lintas suku, lintas agama, lintas budaya, ini yang perlu kita resapi, ini tidak ada kita beda-bedakan. Cita-cita kita bisa bermanfaat ditengah masyarakat. Jadi untuk membangun Komunitas Pengawal Indonesia ini, kita membutuhkan rasa nilai juang yang tinggi dan rasa keikhlasan,”Kata Sugiarto.

Sementara itu Ketua Harian Suryandi mengatakan, “di planning (rencana) saya sendiri kita akan merangkul untuk kota Medan sendiri, 1 Kodim ada 16 Koramil akan kita sinergikan, dimana-mana tetap akan ada kader kita dari Kopindo sendiri. Setiap 1 Koramil setidaknya  ada minimal 5 sampai 10 orang pengurus kita disitu. Jadi kita hadir untuk masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Karenakan kita saat ini untuk komunikasi dibantu dengan Radio HT (handytalk),” kata Suryandi.

Suryandi menambahkan, “Intinya kita mau membesarkan komunitas ini hingga ke daerah-daerah diluar kota Medan dalam Provinsi Sumut untuk membangun kader-kader dalam menjaga Kamtibmas. Istilahnya ‘lapor dini, cegah dini’, jadi apapun yang terjadi di daerah ataupun wilayah kita masing-masing seperti tindakan criminal kita dapat cepat tanggap melaporkan  kepada instansi terkait seperti Polsek ataupun Koramil terdekat, inilah misi kita agar bisa bersinergi dengan TNI-Polri dan masyarakat umumnya,” katanya.

Suryandi berharap agar kepengurusan dapat solid, sama-sama membangun, sama-sama bekerja, sama-sama bertanggungjawab  sesuai tupoksi masing-masing. Serta bersinergi dengan pemerintah untuk menjaga dalam kamtibmas  dimasing-masing wilayah.

Dalam kesempatan tersebut Sekjen Henky Chandra juga menyebutkan bahwa Komunitas Pengawal Indonesia dibentuk untuk merangkul semua anak bangsa walaupun berbeda agama, etnis, status social, intinya bersama-sama membangun Indonesia.

“Kita membuat komunitas yang berguna untuk masyarakat. Seperti kemarin itu kita adakan aksi sosial ditengah pandemi dengan membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Tujuan utama kita memang untuk membangun bangsa bersama, merangkul semua anak bangsa, sama-sama membangun dan berbuat untuk bangsa kita Indonesia,” kata Henky Chandra.

Usai pelantikan kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan penarikan undian lucky draw dan acara diakhiri dengan makan malam dan foto bersama.

Penulis  : Rudolf
Editor   : Kukuh

Tidak ada komentar:

Post Top Ad