Usai Diperiksa Kejaksaan, Kasus Pungli dan Suap 13 Pejabat Kemenag Sumatera Utara Jalan Ditempat - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 13 Desember 2019

Usai Diperiksa Kejaksaan, Kasus Pungli dan Suap 13 Pejabat Kemenag Sumatera Utara Jalan Ditempat

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Sebanyak 13 pejabat di jajaran Kemenag diperiksa oleh Aspidsus Kejaksaan Tinggi Sumateta Utara (Kejatisu), Usai menjalani pemeriksaan pada bulan Agustus lalu, kasus dugaan Pungli dan suap jabatan Kemenag Sumut tersebut malah mengendap dan jalan ditempat  di Kejati Sumatera utara.

Ketua LSM Forum Rakyat Sumatera Utara (FoRSU) Faisal Nasution kepada berita-rakyat.co.id, Rabu (11/12/2019) mengatakan, kasus pungutan liar (Pungli) dan suap jabatan di jajaran Kemenag Sumut harus menjadi perhatian para penegak huKum di Sumatera Utara (Sumut)

"Bulan Agustus lalu ada 13 pejabat di jaiaran Kemenag Sumut diperiksa oleh Kejatisu. Anehnya kenapa sekarang kasusnya tidak dilanjutkan. Ada apa nih Kejati, " kata Faisal.

Menurut Faisal ke 13 pejabat di jaiaran Kemenag Sumut  yang diperiksa Kejatisu itu diduga dalam kaitan Pungli dan suap jabatan. Para pejabat Kemenag Sumut yang tidak ingin di copot dari jabatannya, diduga harus memberikan siraman rohani kepada Kakanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami.

"Karna takut di copot, ke 13 pejabat di Jaiaran Kemenag Sumut Itu terpaksa melakukan kutipan, seperti para Kepsek MAN 1 dan MTsN 2 melakukan kutipan setiap bulan dengan berdalih uang komite. Bayangkan saja bila setiap siswa/i dikutip 90 ribu/bulan dikali seribu siswa, berapa uangnya, " ungkap Faisal.

Berikut nama pejabat di jaiaran Kemenag Sumut yang diperiksa Kejati Sumut pada bulan Agustus lalu.
1. Kepala Man 2 Medan
2. Kepala Man 3 Medan
3. Kepala MTsN 1 Medan
4. Kepala MTsN 3 Medan
5. Kepala MTsN Binjai
6. Zulkarnain mantan   KasubBag Kanwil Depag su
7. Mustafid kabid penmad Kanwil
8. Tharmuzi KasubBag Kepegawaian
9. Drs Mashudi kasi haji Kota Medan
10. Untung Nasutioan TU Kanwil Sumut.
11. Nur Syamsiah Kasi Kesiswaan Kanwil Sumut.
12. Arumia Kasi Penmad Binjai
13. Wardi Kasi Penyelenggara Syariah Kota Binjai.

"Mereka diperiksa oleh Aspidus Kejatisu, namun diduga kuat tidak di lanjutkan, " terangnya.

Lanjut Faisal, Kepala MAN 1 yang banyak terjadi Pungli modus uang komite dan MTsN 2 yang justru paling banyak terindikasi suap dan Pungli malah tidak diperiksa Kejatisu.

Anehnya, Kepala Kanwil Kemenag Sumut tidak pernah dilakukan pemeriksaan sesuai laporan yg di sampaikan, " tegas Faisal.

Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami saat di konfirmasi wartawan belum lama Ini terkait pemeriksaan ke 13 pejabat di jajaran Kanwil Kemenag Sumut oleh Kejatisu itu meminta wartawan agar menghubungi bagian Humas.

"Hubungi humas aja ya, " jawab Iwan Zulhami singkat.

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Sumanggar Siagian, Saat di konfirmasi berita-rakyat.co.id, melalui ponselnya, Selasa (10/12/2019) enggan memberikan komentar.

"Wah gak bisa itu, belum bisa di komentari. Nanti aja ya, " ujar Sumanggar sembari menutup telepon.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad