BPOM : Jika Ada Temuan Terkait Kedaluarsa Obat dan Makanan Laporkan Lewat lewat Aplikasi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 17 Desember 2019

BPOM : Jika Ada Temuan Terkait Kedaluarsa Obat dan Makanan Laporkan Lewat lewat Aplikasi

0 Viewers

Berita Rakyat, Cirebon, Jawa Barat - Untuk meningkatkan pengawasan-keamanan Obat dan Makanan yang sehat dan layak di konsumsi Masyarakat, BPOM undang beberapa Tokoh Masyarakat (kelompok pengajian, Asosiasi, pemuda dan Elemen Masyarakat) dalam program rutinan Komunikasi Informasi dan Edukasi di Gedung PGRI Sumber-Cirebon Sabtu 14 Desember 2019 pukul 10 wib.

Dalam seminarnya, BPOM menghimbau kepada seluruh Masyarakat untuk turut serta mengawasi dan melaporkan jika menemukan prodak, obat dan makanan yang tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan dengan meneliti dan mencermati KEMASAN (tidak berlubang, sobek, karatan dan penyok) LABEL (baca informasi yang tertera dalam Label prodaknya) IZIN EDAR (pastikan memiliki izin edar dari badan BPOM dengan mengecek dari Aplikasi Ponsel Android Cek BPOM) KEDALUARSA (pastikan tanggal edar tidak melebihi masa Kedaluarsa).

"Kami harapkan dengan adanya bantuan dan kerjasama antar badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan masyarakat yang melaporkan dapat mengurangi celah penyalahgunaan dan penyelundupan bahan, Obat dan Makanan dipasaran.
Mengingat maraknya penyelundupan Obat dan Makanan terlarang dari luar negri yang lepas pengawasan dan izin edar dari badan BPOM dan BEA CUKAI," papar Yulianto Humas BPOM saat di wawancarai awak media Berita Rakyat.

BPOM juga menghimbau kepada masyarakat agar mengadukan dan melaporkan lewat Aplikasi "cek BPOM" jika menemukan pelanggaran dan penyalahgunaan izin edar nama prodak, Obat dan Makanan dan lokasi saat membeli, agar badan BPOM dapat memproses bahkan melakukan penindakan hukum kepada pengedar dan pemasok Obat dan Makanan kepada pihak penegak hukum/ pengadilan).

Untuk itu Badan Humas BPOM mengingatkan kepada Masyarakat untuk meneruskan dan menyampaikan  informasi kepada anak-anak saudara dan tetangga akan pentingnya meneliti dan mencermati obat dan makanan sebelum di konsumsi, tidak mudah tergiur dengan harga yang relatif murah tanpa mengenyampingkan dampak kesehatan dari Obat dan Makanan yang di konsumsi.

Dalam kesempatan itu juga BPOM adakan sesi tanya jawab dan pemahaman dari tamu undangan tentang cara pengaduan dan pelaporan kepada badan BPOM lewat Aplikasi Android "Cek BPOM"


Penulis : Wahyudin
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad