Kapolda Sumut : Ingat, Gunakan Dana BOS Sesuai Dengan Aturan - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 19 Agustus 2019

Kapolda Sumut : Ingat, Gunakan Dana BOS Sesuai Dengan Aturan

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Dugaan korupsi penyelewengan Dana BOS SMPN 19 Jalan Agenda Medan akhirnya mendapat sorotan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol, Drs. Agus Andrianto.

Aturan penggunaan Dana BOS harus sesuai dengan yang tertera pada petunjuk teknis (Juknis). tersebut sekatinya mutlak harus dilaksanakan oleh para penerima Dana BOS, 

Penegasan itu disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol, Agus Andrianto kepada Berita Rakyat.co.id, belum lama ini mengatakan, penggunaan Dana BOS harus sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Gunakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada di Juknis, " ujar Kapolda. 

Disinggung terkait sanksi hukum bagi para Kepala sekolah yang terbukti melakukan penyelewengan Dana BOS tersebut. 

Sesuai Undang-Undang tindak pidana korupsi dan pencucian uang, masa kadaluarsa kasus tersebut hingga 20 tahun.

"Ingat, masa kadaluarsanya 20 tahun, makanya gunakanlah Dana BOS itu sesuai aturan, " tegas Agus singkat. 

Sementara itu, pihak Kepala sekolah SMPN 19 Medan, Drs Maradu Silaban, M.Pd saat di konfirmasi wartawan via WhatsAppnya, Rabu (14/8/2019) tidak juga berkenan membalas konfirmasi wartawan.

Meski berkali-kali di konfirmasi pihak Kepala sekolah yang diketahuk tinggal di Jalan Young Panah Hijau Kecamatan Medan Labuhan itu sampai saat ini tetap tidak mau memberi komentar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Sekolah SMPN 19 Medan, Drs, Maradu Silaban, M.Pd diduga menyelewengkan Dana BOS Tahun 2018 dan 2019 periode pertama dan kedua hingga ratusan juta rupiah.

Sesuai pengakuan Bendahara BOS, Ibu Tanggang, Dana BOS SMPN 19 yang masuk ke rekening Bendahara Sekolah sebesar Rp162 Juta tiiap triwulan tersebut sebagian besar dikeluarkan oleh Kepala sekolah.

"Maaf Pak, pengeluaran yang saya keluarkan lengkap terdata sama saya. Tapi yang banyak dikeluarkan oleh bapak Kepala sekolah, dan bonnya lengkap sama operator kami, " ungkap Bu Tanggang. 

Bendahara BOS itu menjelaskan, dirinya hanya bertanggungjawab terhadap pengeluaran yang dikeluarkannya. 

"Pak, saya akan  bertanggungjawab hanya apa yang saya keluarkan saja, " jelas Bu Tanggang.

Informasi yang berkembang di sekolah, setelah Dana BOS masuk ke rekening Bendahara sekolah, oleh Maradu Silaban Dana BOS itu  dialihkan kepada salah seorang guru berinisial MS (53) 

Berdasarkan isu yang beredar di sekolah SMPN 19, ternyata hubungan kedekatan Maradu Silaban dengan oknum guru berinisial MS tersebut sudah santer di kalangan guru dan murid.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad