Ada Duga'an SMPN 19 Medan Selewengkan Dana BOS - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 13 Agustus 2019

Ada Duga'an SMPN 19 Medan Selewengkan Dana BOS

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan ~ Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sejatinya dipergunakan untuk kebutuhan sekolah,  ternyata malah dijadikan bancakan untuk memperkaya diri oknum Kepala Sekolah.

Siapa gerangan oknum Kepala Sekolah yang dimaksud? selidik punya selidik, ternyata oknum Kepala Sekolah tersebut tidak lain adalah Drs, Maradu Silaban, M.Pd. Beliau dikabarkan telah menyelewengkan Dana BOS TA 2018 -2019 hingga ratusan juta rupiah.

Seperti diketahui Sekolah SMPN 19 Medan Jalan Agenda setiap tahun mendapat suntikan Dana BOS sebesar Rp648 Juta,  yang diterima sekolah tiap per Triwulan sebesar Rp162 Juta. Namun oleh Kepala Sekolah sebagian besar Dana BOS tersebut  diduga masuk kantung pribadi.

Berdasarkan data dan penelusuran yang dilakukan wartawan dilapangan, modus operandi yang selama ini dilakukan oknum Kepsek tersebut yaitu, dengan cara memalsukan data bukti pembelian dan pengeluaran sesuai yang diatur dalam Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana BOS.

"Sebagian besar gak benar itu bang rincian pengeluaran uang untuk  pembelian barang kebutuhan sekolah, " kata sumber yang minta namanya dirahasiakan itu kepada wartawan.

Selain itu, rekanan yang selama ini menjadi mitra Kepala Sekolah untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah SMPN 19 tersebut juga diduga tidak benar dan pesanan, alias akal-akalan Kepsek semata.

"Coba konfirmasi langsung Kepseknya bang, apa jawabannya. Benar gak itu semua perincian barang yang dibeli dengan uang yang dikeluarkan, " ungkapnya.

Mendapat informasi yang berharga tersebut awak media ini pun mencoba mengkonfirmasi Kepala Sekolah. Namun menurut keterangan salah seorang guru, sang  Kepala Sekolah sedang melayat keluarganya yang ada di luar kota.

"Bapak lagi ke Sidikalang, tulangnya meninggal, " kata salah seorang guru yang sering disapa Pak Simamora itu singkat.

Bendahara BOS SMPN 19  Ibu Sitanggang, saat di konfirmasi wartawan melalui via Wats App nya  terkait dugaan penyelewengan penggunaan Dana BOS 2018 untuk pembelian keseluruhan barang kebutuhan sekolah yang  disinyalir direkayasa alias tidak sesuai dengan yang yang tertera di bon  mengatakan, bahwa pengeluaran yang dikeluarkan lengkap terdata. 

Sedangkan pengeluaran yang banyak dikeluarkan oleh Kepala Sekolah, dan bonnya lengkap sama operator kami.

"Pengeluaran yang saya keluarkan lengkap terdata sama saya, " kata Ibu Tanggang.

Ditanya anggaran yang banyak dikeluarkan oleh Kepala Sekolah tersebut untuk apa saja.

"Yang saya tahu untuk keperluan sekolah, " jawabnya singkat.

Saat ditanyakan, sebagai Bendahara BOS apakah dirinya siap  bertanggungjawab manakala penggunaan Dana BOS tersebut di proses hukum.

"Pak, saya bertanggungjawab hanya apa yang saya keluarkan, " ungkapnya.

Merasa ada yang janggal dengan pengakuan Ibu Sitanggang terkait versi anggaran yang dikeluarkannya dengan versi yang dikeluarkan  Kepala Sekolah tersebut,  awak media pun mencoba menggali informasi, dan ternyata diperoleh informasi  belakangan ini Dana BOS yang dikirim ke rekening Bendahara BOS setiap Triwulan sebesar Rp162 Juta tersebut sudah dialihkan kepada salah satu guru berinisial MS (53). 

Kepala Sekolah SMPN 19 Medan, Drs, Maradu Silaban, M.Pd saat di konfirmasi wartawan melalui via WatsApp nya terkait dugaan penyelewengan Dana BOS senilai ratusan juta tersebut hingga kini  tidak berkenan membalas.

Bahkan hingga berita ini ditayangkan, Maradu Silaban belum berhasil ditemui guna konfirmasi. Dari beberapa sumber yang dikutip wartawan, ternyata Kepsek SMPN 19 Maradu Silaban beberapa bulan yang lalu baru ditinggal istri tercinta untuk selama-lamanya.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad