Kamis, 18 Juli 2019

KM Tunas Flora Ditangkap Bea Cukai Sumut Saat Membawa 683 Balpres Asal Malaysia

Bagikan Berita ini:

Berita Rakyat, Medan ~ Tim Patroli Laut Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung, menangkap KM Tunas Flora yang membawa 683 balpres pakaian bekas asal Malaysia di perairan Sei Berombang, Labuhanbatu, Selasa (16/7/2019).

Kepala Kanror Wilayah (Kakanwil) DJBC Sumut, Oza Olavia, mengatakan Speed Patroli BC 1508 yang melakukan penangkapan kapal motor bermuatan pakaian bekas di perairan Sei Berimbang, Labuhanbatu, namun sayang, para awak kapal sempat kabur meninggalkan kapal motor berikut muatannya.

Selanjutnya, guna  pengusutan lebih lanjut, KM Tunas Flora berikut barang bukti pakaian bekas yang nilai barang penyelundupan mencapai Rp.1,3 miliar tersebut diamankan ke  dermaga BC di Belawan.

Oza menjekaskan, dari sisi ekonomi impor pakaian bekas sangat mendistorsi pasar domestik produk tekstil dalam negeri, sehingga  industri kecil dan menengah tekstil akan kalah bersaing dan akhirnya tutup.

Sedangkan dari sisi kesehatan, pakaian bekas berpotensi menularkan penyakit ke pemakainya, karena tidak terjamin higienitasnya.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment

0 komentar: