Pasca Kerusuhan di Lapas Narkotika Klas II Langkat, Ratusan Napi Melarikan Diri. - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 17 Mei 2019

Pasca Kerusuhan di Lapas Narkotika Klas II Langkat, Ratusan Napi Melarikan Diri.

0 Viewers

Berita Rakyat, Medan - Pasca kerusuhan dan pembakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Narkotika Klas II Langkat, diperkirakan ratusan Narapidana (Napi) melarikan diri.

Lapas Narkotika Klas II Langkat yang berada di Jalan Simpang Farm Desa Domba, Kecamatan Hinai Langkat itu dibakar Napi, pada Kamis (16/5/2019) sekira Pukul : 13.45 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Berita Rakyat.co.id Kamis (16/5/2019) Napi penghuni Lapas Narkotika Klas II langkat yang berjumlah 1635 orang itu, 200 diantaranya dikabarkan melarikan diri saat terjadinya aksi kerusuhan dan pembakaran Lapas.

Napi yang kesal terus melempari petugas Kepolisian dengan batu. Selain membakar bagian gedung, para Napi juga membakar tiga unit mobil dan dua sepeda motor milik petugas Lapas.

Aksi mereda setelah ratusan personel Polres Langkat dan personel dari Marinir Brandan turun ke lokasi kejadian.

Saat terjadinya kerusuhan dan pembakaran Lapas Klas II Langkat tersebut, sejumlah Napi terlihat berteriak sembari mengatakan, " Kami manusia, bukan binatang. Jadi perlakukanlah kami seperti manusia, jangan seperri binatang, teriak para Napi dengan nada marah.

Menyikapi kerusuhan di Lapas Narkotika Klas II  Langkat tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan, pihaknya sudah memerintahkan anggota untuk melakukan razia dan  pengejaran di titik yang dianggap berpotensi melarikan diri, bahkan hingga ke perbatasan.

"Kita sudah perintahkan anggota untuk melakukan razia dan pengejaran hingga perbatasan, " tegas Irjen Pol Agus Andrianto.


Disinggung jumlah Napi yang sudah ditangkap pasca kerusuhan di Lapas Narkotika Klas II Langkat tersebut.

"Berdasarkan hasil  kordinasi dari anggota di lapangan, sementara ini ada 98 Napi yang sudah berhasil ditangkap dari berbagai lokasi, " ujar Jenderal bintang dua tersebut.

Sementara itu, Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Josua Ginting saar di konfirmasi Berita Rakyat.co.id Kamis (16/5/209) mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan informasi penyebab terjadi kerusuhan dan aksi pembakaran Lapas tersebut.

"Kita masih mencari tau penyebab terjadinya  kerusuhan dan aksi  pembakaran Lapas. Nanti bilamana sudah ada data yang akurat kita akan kabari, " kata Josua singkat.

Informasi terakhir yang di peroleh wartawan,  pemicu terjadinya peristiwa kerusuhan hingga pembakaran Lapas Klas II Langkat itu disebabkan tindakan para petugas Lapas yang memukul teman mereka dihadaapan Napi hingga membuat sejumlah Napi  tidak senang dan melampiaskan kemarahannya yang berujung pada kerusuhan dan aksi pembakaran.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Tidak ada komentar:

Post Top Ad