Rabu, 08 Mei 2019

Indonesia dan Fhilipina Kerjasama Dalam Menjaga Keamanan Di Wilayah Perbatasan Utara NKRI.

Bagikan Berita ini:

Berita Rakyat, Talaud -  Plt. Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange menyambut kunjungan Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada Dua (Danguskamla Koarmada II )  Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P, M. Tr (Han)  bersama tim, di Bandara Melonguane, Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (8/5/19).

Disela keberangkatan Tuange yang akan mengikuti Musrembangnas di Jakarta, beliau menyempatkan diri tuk menyambut Danguskamla Koarmada Dua di ruang VIP bandar udara melonguane,

Dalam pertemuan tersebut, Plt Bupati Kepulauan Talaud menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Komandan Guskamla II ke kabupaten kepulauan talaud, yang merupakan wilayah perbatasan NKRI di bagian utara.

"Saya selaku pimpinan daerah menyampaikan terimakasih atas kunjungan kerja dari Komandan Guskamla II bersama rombongan ke kabupaten talaud. Saya terus berharap kiranya Kab. Kepl. Talaud yang merupakan daerah perbatasan akan terus di pantau lewat patroli2 yg di laksanakan oleh TNI maupun Polri baik lewat darat maupun laut" Ujar Pak Bupati

Diketahui, sebelum menjabat Danguskamla Koarmada II , Laksma Iwan Isnurwanto yang merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIV/tahun 1988 pernah menjabat  Dirdok Kodiklat TNI

Komanadan Gugus Keamanan Laut Laksamana Iwan Isnurwanto pada kunjungannya di Mako Lanal Melonguane sebelum melakukan sholat menyempatkan tuk diwawancarai oleh awak media.

Danguskamla mengatakan bahwa pada kesempatan ini kami Koarmada II sedang melakukan Patroli Udara sejak pagi tadi,  diwilayah utara Perbatasan NKRI.

"Pada saat ini Negara Indonesia lewat Koarmada II melakukan kerja sama dengan Fhilipina dalam menjaga keamana laut," Ungkap Laksamana.

"Kami sebagai petugas keamanan di laut akan melaksanakan penegakan hukum dilaut." tambahnya.

Danguskamla koarmada Dua menjelaskan juga mengapa saya bersama staf mampir di melonguane karena disini ada Lanal Melonguane yang juga sebagai penaggungjawab keamanan diwilayah laut yang berbatasan langsung dengan Fhilipina, di samping itu saya juga bertemu Kapala Staf Guspurla Koarmada dua yang bertugas di KRI Nguraray Kolonel Laut (P) Dato R.

"Untuk saat ini kita melakukan patroli koordinasi dengan Fhilipina selama empat puluh hari namun dibagi menjadi dua tahap yakni dua puluh hari," Jelas Koarmada dua bersama - sama kita melakukan latihan dalam menjaga wilayah laut kedua negara dalam komunikasi latihan sehingga dapat meningkatkan keterpercayaan antar kedua negara.


Danguskamla Koarmada II bersama tim  tiba di Bandara Melonguane menggunakan Pesawat Udara CN P-8304 milik TNI AL   dalam rangka operasi udara.

Ikut bersama dalam rombongan diantaranya Asops GKA II Kolonel Laut (P) Muhammad Syamsudin , Personel Intel dan ADC. Sementara untuk  Crew Pesud CN P-8304 terdiri dari Letkol Laut (P)  Bambang Edi S (Capten Pilot) ,  Mayor Laut (P) lwan Purwanto (Co Pilot) , Kapten Laut (P) Martanto  ,  Serka Mpu Rokhim , Sertu Mpu M. Taufik, Serda Mpu Rukman Hendrik , Klk Mpu Anam  dan Klk Mpu Mashuri

Kedatangan Danguskamla Koarmada II bersama tim juga disambut langsung Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Dandim 1312/ Talaud Letkol Arm  Gregorius Eka Setiawan, Wakapolres Kompol Maria Boki Buida, Ketua Pengadilan Negeri Melonguane Julius C. Handratmo, Kasi Datun Kejari Kepulauan Talaud, sejumlah perwira TNI AL di Lanal Melonguane dan pejabat dilingkup Pemerintah Daerah.

Dari Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, sekira pukul 14.05 Wita, Danguskamla Koarmada II take off dari Bandara Melonguane dengan tujuan Bandar Udara Naha Kabupaten Kepulauan Sangihe.



Penulis : Christian
Editor : Abdi

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment

0 komentar: