Senin, 04 Maret 2019

Beda Provost Dengan Polisi Militer, ini Kata Danpom Lantamal V

Bagikan Berita ini:
Ist.
Berita Rakyat, Surabaya - Dihadapan Para Prajurit Lantamal V dengan bertempat di Gedung Serbaguna Mako Lantamal V, tanggal 4 Maret 2019, Komandan Polisi Militer Lantamal V Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono memberikan penjelasan mengenai pemahaman tugas dan fungsi Kepolisian Militer dalam kegiatan Pembinaan Personil yang rutin dilaksanakan oleh Lantamal V.

Dalam awal kesempatan tersebut, Kolonel Joko menjelaskan mengenai definisi dan sejarah terbentuknya Polisi Militer TNI AL. Kemudian dipaparkan juga mengenai perbedaan antara Provoost dengan Polisi Militer. 
"Perbedaannya dari keduanya yaitu Provos adalah unit service yang hanya bertugas dalam lingkup ksatrian saja sedangkan Polisi Militer adalah area service yang mencakup lingkupan wilayah kerja dari Lantamal" terang Joko.

Lebih lanjut dijelaskan mengenai alur penyelesaian permasalahan Pidana yang diselesaikan oleh Polisi Militer yang kemudian dilimpahkan ke Otmil lalu disidangkan di Dilmil hingga terbit putusan Berkekuatan Hukum Tetap (BHT).


Para prajurit yang hadir terlihat antusias mengikuti paparan penjelasan Danpom Lantamal V tersebut. Hal ini dibuktikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para prajurit pada sesi tanya jawab yang berkaitan dengan materi yang diberikan.

Kepada awak media Joko menjelaskan, bahwa kegiatan ini sangat perlu dilakukan agar para prajurit memahami mengenai perbedaan antara Polisi Militer dengan Provoost sehingga kedepan tiap prajurit mengetahui bahwa perkara Disiplin akan diselesaikan oleh Provoost satuan sedangkan permasalahan perkara Pidana akan diselesaikan oleh Polisi Militer.

Penulis : Sari
Editor : Hary

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment