Selasa, 05 Maret 2019

Babinsa Koramil 06/Munte Dampingi Petani Mengolah Lahan Sawah Petani

Bagikan Berita ini:
Ist.
Berita Rakyat, Karo - Babinsa Koramil 06/Munte Praka Sabar Sembiring  melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 1/2 ha guna percepatan tanam berikutnya.

Aksi bajak sawah dengan peralatan cangkul itu dilakukan di lahan sawah milik Andu Sinuraya , yang terletak di Kutambaru Kecamatan Munte Tapian  Kabupaten Karo , Selasa (05/03).

Praka Sabar Sembiring  mengatakan, pengolahan lahan pertama menggunakan traktor adalah cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah.  

Kemudian setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, dan selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ujarnya.

Senada dengan kegiatan babinsa tersebut menumbuhkan semakin erat dan dekat kepada rakyat khususnya petani dengan prajurit TNI yang bertugas didaerah.


Penulis : Tison
Editor : Yasyu

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment