Kamis, 28 Februari 2019

Surat Suara DPD Pemilu 2019 Tiba di Gudang Logistik KPUD Talaud

Bagikan Berita ini:

Berita Rakyat, Talaud - Total sebanyak 48 koli yang isinya 71.211 lembar surat suara DPD RI akhirnya tiba. Dengan dikawal personel Polres Kepulauan Talaud bersenjata lengkap dari Pelabuhan Bitung menuju Pelabuhan Manado dan diangkut menggunakan kapal motor (KM) Holly Marry menuju Kepulauan Talaud, Kamis (28/2/2019) pagi.

Komisioner KPUD, Budirman Mengga bersama kawa-kawan didampingi Kapolres Talaud, AKBP Prasetya Sejati dan Komisioner Bawaslu Talaud Devisi Pengawasan, Tevi Mawointana, menjemput 48 Koli yang berisi ribuan lembar surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) DPD RI Tahun 2019.

Dalam penjemputan logistik tahap yang kedua saat ini segala persiapan dan keamanan telah dikerahkan oleh KPUD dan Polres Talaud.

Kapolres Kepulauan Talaud, AKBP Prasetya Sejati mengatakan, seperti yang kita ketahui bersama untuk kloter kedua ini pergeseran logistik pemilu DPD  sudah sampai di Kabupaten Talaud dengan aman dan kondusif.  "Pengamanan ketat kami lakukan sejak dari Pelabuhan Bitung sampai di Talaud," ucapnya

71.211 surat suara bergeser dari pelabuhan laut Melonguane ke gudang logistik KPUD Talaud di Jalan Bui Batu Komoleks, Perkantoran Pemkab Talaud dengan menggunakan dua unit mobil Dable Kabin, satu kendaraan pick up. Sampai di Gudang Logistik puluhan ribu surat suara tersebut dibongkar oleh tiga orang buru bagasi yang diawasi ketat oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Talaud dan Kepolisian Resort Talaud sampai dengan selesai.

Ditempat yang sama setelah dilakukan penghitungan barang masuk dan dicocokan dengan catatan Ekspedisi PT Meta Trans Perkasa, selanjutnya dilakukan serah terima dari pihak ekspedisi ke KPUD Talaud dengan disaksikan oleh Kapolres Kepulauan Talaud dan Bawaslu.

Sehingga, kelengkapan logistik Pemilihan Umum yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang telah lengkap dan tinggal menunggu kapan akan dilakukan pendistribusian ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan akan diteruskan ke TPS-TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Untuk jumlah personil yang dilibatkan dalam pengamanan Ini sebanyak 7 Personil. Selain itu, untuk pergeseran pasukan akan dilaksanakan dengan cepat dan akan terus berkoordinasi dengan pihak KPU .

Sedangkan dari Ketua Divisi SDM dan Parmas KPUD, Andri Sumolang mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pengamanan dan pengawalan  yang dilaksanakan pihak polres sejak awal sampai tahap kedua distribusi surat suara ke Gudang Logistik KPU.

"Ucap terima kasih kepada Satuan Kepolisian Resort Talaud, untuk pengawalan pendistribusian surat suara sampai selesai dari tahap pertama hingga Tahap kedua (akhir)," jelas sumolang

Komisioner  Bawaslu yang diwakili oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Bawaslu Talaud, Tevi Wawointana mengatakan, tugas selanjutnya yakni kelipatan surat suara di KPUD.

"Setelah sampai di Gudang Logistik KPU Talaud, pada proses itu juga kami melakukan pengawasan melekat untuk selanjutnya dilakukan proses pelipatan surat suara di KPUD," tegas tevi

Sebanyak 48 koli yang dikemas dalam dus dengan rincian 47 koli berisi 1500 lembar tiap kolinya dan 1 koli berisi 712 lembar telah tersimpan dengan aman di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Talaud dengan penjagaan ketat oleh pihak Kepolisian Resort Talaud.

Hadir dalam penjemputan surat suara DPD RI Pemilu 2019 diantaranya Kapolres Kepulauan Talaud  AKBP Prasetya Sejati,SIK, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPUD  Andri Sumolang, ST, Ketua Divisi Teknis, Jouwy R Lukas, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Bawaslu Talaud, Tevi Wawointana, Sekretaris KPUD, Nelwan Maloring dan Kasubag Logistik KPU, Hendry Essing.

Penulis : Tian
Editor : Hary

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment